PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN ENTIKONG KABUPATEN SANGGAU Studi Kasus Pelayanan Administrasi Pembuatan E-Ktp, Kk, Akta Kelahiran dikantor Desa Suruh Tembawang

MARKUS MARKUS E1012161063, Sri Haryaningsih, Ira Patriani

Abstract


Penelitian ini menggunakan teori Fitzsimmons dalam Sinambela, dkk (2019:7) Kualitas Pelayanan Publik yaitu: 1) dimensi bukti fisik, belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 2) dimensi kehandalan, pegawai dalam menangani setiap keluhan pelayanan belum sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. 3) dimensi ketanggapan, pegawai sudah menunjukkan sikap tanggap membantu masyarakat ketika mengalami kesulitan pada proses pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik, kartu keluarga dan akta. 4) dimensi jaminan, ketepatan jaminan tepat waktu pelayanan belum sesuai dengan harapan masyarakat. 5) dimensi empati, sudah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan kesan menyenangkan dalam proses pelayanan. Adapun saran yang direkomendasikan oleh peneliti adalah berupaya meningkatkan pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik, kartu keluarga, akta yang mudah dan cepat dalam melayani masyarakat setempat untuk mewujudkan Kantor Desa Suruh Tembawang menjadi panutan bagi Desa-desa di sekecamatan Entikong Kabupaten Sanggau.

 

Kata Kunci : Pelaksanaan, Pelayanan Kependudukan, E-Ktp, Kk, Akte Lahir


Full Text:

PDF

References


Abidin, Nugroho. 2002. Administrasi dan Pemerintahan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Agus Dwiyanto. 2009. Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan, dan PelayananPublik.Yogyakarta: Gava Media.

Barata, Atep. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Kompetindo.

Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Batinggi Ahmad. 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Efendi . 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT. Pustaka.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibun. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya.Jakarta: Mandar Maju.

Inu Kencana Syafiie, dkk. 1999. Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: PT.

Kaloh, J. 2002. Mencari Bentuk Otonomi Daerah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kartono. 1994. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.Rineka Cipta

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sinambela, Lijan Poltak. 2019. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmudi, 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKMP.

Moenir, H.A.S 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta:

Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitaif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siagian, Sondang P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Perundangan-undangan:

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah

Perbup Sanggau Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan

Perbup Kabupaten Sanggau Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Standar Operating Procedure Pelayanan Adminsitrasi Terpadu Kecamatan Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau.

Skripsi :

Reksa Wisno. 2018. Kualitas Pelayanan Publik Dikantor Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah (skripsi). Pontianak: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tangjungpura

Oktavianus Jamil. 2014. Kualitas Pelayanan Administrasi Di Desa Tonang Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak (skripsi). Pontianak: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tangjungpura




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i4.2878

Article Metrics

Abstract view : 835 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696