EFEKTIVITASPEMBELAJARAN DALAM JARINGAN(DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Novita Megawati, Pudjianto Pudjianto, Deni Darmawan

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terkait dengan permasalahan yang dapat menyebabkan pelaksanaan dalam proses kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring) pada pelaksanaannya belum dapat berjalan dengan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun program terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di FISIP Untan belum efektif dikarenakan pada pelaksanaannya masih terdapat adanya masalah dan kendala. Untuk itu penelitian ini menggunakan teori indikator pengukuran ekeftivitas oleh (Sutrisno, 2007: 125-126) diantaranya ialah : (1) Pemahaman Program, (2) Ketepatan Sasaran, (3) Ketepatan Waktu, dan (4) Pencapaian Tujuan. Yang mana subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa IAP angkatan 2018-2020, dosen, serta staff pelayanan akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan masalahdalam ketercapaian tujuan dari program pembelajaran daring yang efektif. Diantara masalahnya yaitu pada pelaksanaan pembelajaran daring belum adanya ketepatan waktu dalam artian jadwal pembelajaran yang berubah-ubah, dosen dan mahasiswa yang kurang dapat melakukan interaksi dengan baik, pelayanan administrasi yang belum mempuni kebutuhan mahasiswa selama pelaksanaan pembelajaran daring, pembelajaran daring yang belum dapat tercapai dengan baik sesuai dengan tujuan-tujuannya. Saran penelitian ini adalah mengaharapkan tenaga pendidik untuk lebih berperan aktif mengayomi mahasiswa ditengah-tengah keterbatasatan pembelajaran dalam daring yang artinya pembelajaran daring ini harus dapat mengimbangi kebutuhan mahasiswa walaupun pembelajaran dilakukan dengan keterbatasan jarak antar ruang.

Kata kunci: Efektivitas, Program, E-learning, Pembelajaran Daring.

 


Full Text:

PDF

References


Buku:

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Dimyati. 2006. “Belajar dan Pembelajaran”. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muasaroh. (2010). aspek-aspek efektivitas. Yogyakarta : Literatur buku.

Sangkala, Dimensi-Dimensi Manajemen Publik, (Yogyakarta: Ombak, 201), hlm XI.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sutrisno, Edy. 2007. Budaya Organisasi Jakarta; kencana Prenada Media Group

Sumber Perundangan-undangan:

Peraturan Rektor Universitas Tanjungpura /Nomor 1033/UN22/SP/2018 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembelajran Daring (E-Learning) Universitas Tanjungpura

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).

Surat Edaran Rektor Universittas Tanjungpura Nomor Surat 3015/UN22/TU/2020 Tahun 2020 tentang Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran lnfeksi Covid-19 di Lingkungan Univenitas Tanjungpura.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Jurnal:

Handarini, O. I., dan Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Vol 8(3), 496–503. EISSN:23389621

Naidu, Som. (2006). E-Learning; A Guidebook of Principles, Procedures and Practices, Commonwealth Educational Media Center for Asia (CEMCA), New Delhi

Syamsir, A., Nur, M. I., Wahidah, I., &Alia, S. (2020). Kualitas pelayanan publik dalam pembelajaran berbasis daring di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019. Publication.

Wijoyo, H. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Masa Pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Wulandari, M.S. & Rahayu, N. (2010).Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (e- learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas dan Fleksibilitas.

Internet :

Fisip Untan. (2015). Keputusan Menteri Pendidikan Nasional.(https://fisip.untan.ac.id/index.php/keputusan/ diakses 27 September 2015).

Universitas Tanjungpura. 2019.Bentuk E-learning. (https://www.untan.ac.id/pembelajaran/pembelajaran-non-konvensional/ diakses 15 Januari 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i4.2916

Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF - 308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696