PELAYANAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI DESA NGARAK KECAMATAN MANDOR KABUPATEN LANDAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan program keluarga harapan (pkh) dalam penaggulangan kemiskinan didesa ngarak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas pelayanan sektor publik Budiani (dalam Rafa`I 2016: 252) yang terdiri dari : 1) Ketepatan sasaran proram, Kesimpulannya adalah ketepatan sasaran program dalam efektivitas pelayanan program pkh masih tidak tepat sasaran dikarenakan dalam menjalankan pelayanan pkh pendataan yang dilakukan oleh pendamping PKH hanya berupa pengumpulan fotokopi KTP maupun Kartu Keluarga yang dilihat dari usia dan status pekerjaan; 2) Sosialisasi program, kesimpulannya adalah sosialisasi jarang dilakukan disebabkan waktu sosialisasi tidak sinkron dan tidak sesuai dengan jam pekerjaan masyarakat sehingga membuat banyak masyarakat tidak ikut sosialisasi; 3) Tujuan program, Kesimpulannya adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak petugas yang dibantu oleh pihak desa adalah observasi dan melakukan pendataan. observasi yang dilakukan oleh pihak petugas bertujuan agar pelayanan program PKH bisa tepat sasaran kepada masyarakat dan tujuan utama pendataan adalah untuk bisa menseleksi masyarakat untuk menjadi calon KPM. akan tetapi observasi yang dilakukan oleh pihak petugas hanya dilakukan didaerah dekat jalan raya dan tidak didaerah perdusunan dan pendataan yang dilakukan hanya menggumpulkan fotokopi KTP maupun Kartu Keluarga masyarakat sehingga membuat observasi dan pendataan tidak efektif.
Kata Kunci: Ketepatan Sasaran Program, Pelayanan, Program Keluarga Harapan (PKH)
Full Text:
PDFReferences
Buku-buku :
Bugin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijkakan Publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Pernada Media Group.
Hanafi. Manajemen Pengawasan Sektor Publik. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2003.
Heryati, Ade. 2007. Pengaruh Pengawasan Terhadap Pelayanan Publik. Bandung: Cv Diserentasi.
Mahmudi. 2007. Manajemen Pelayanan Sektor Publik. Yogyakarta: STM YKPM.
Meggy, Evi.2017. Manajemen Smber Daya Manusia. Surabaya: Cv RA De Rozarie.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nashudin.2016. Manajemen dan Kepemimpinan Dalam Pelayanan Publik. Mataram: Sanabil.
Purwanto, Edi.2012. Menuju Manajemen Publik Kelas Dunia. Jakarta: Prenada Media Group.
Rafa'i, Muhammad.2016. Manajemen Pelayanan Dan Pengawasan Sektor Publik. Jakarta: Prenada Media Group.
Riyadi, Soeprapto. 2010. Efktivitas Pelayanan Sektor Publik. Tanggerang: Umj Press.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfaberta.
Taufiqurokhman. 2018. Teori dan Pengembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tanggerang: Umj Press.
Terry, George R. 2003. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Cv Bumi Aksara.
Waluyo. 2007. Manajemen Pelayanan dan Efektivitas Sektor Publik . Bogor: Cv Diserentasi.
Wijaya , Chandra. 2018. Dasar-Dasar Manaemen Pelayanan Publik. Medan: Perananda Publishing.
Peraturan: Permensos NO 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan (PKH).
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v11i1.2921
Article Metrics
Abstract view : 502 timesPDF - 914 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696