KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI UNIT PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA

Randi Kurniawan, Arifin Arifin, Dhidik Apriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Unit Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, yang di fokuskan kedapa pembuatan e-KTP. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dari Dimensi Kualitas Pelayanan menurut Pasuraman 1998 (dalam Tjiptono, 2005¬-273) yaitu : (1) Dimensi bukti fisik, fasilitas pendukung Pelayanan Di Unit Pelayanan Disdukcapil Kecamatan Sungai Ambawang tetapi belum cukup memadai seperi alat perekaman cuma 1, kurang kursi pengunjung dan kipas agin atau AC. (2) Dimensi kehandalan, pegawai dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat sudah cukup bagus walaupun masih terdapat masyarakat yang mengeluhkan kejelasaan prosedur pelayanan yang disampaikan petugas. (3) Dimensi ketanggapan, . Pegawai juga sudah menanggapi dengan baik terkait keluhan dan masukan dari masyarakat terkait pelayanan, walaupun berdasarkan data pengaduan masih kurang tanggap saat pengaduan melalui Whatsapp tetapi pengaduan secara langsung ke disdukcapil dilayani dengan baik. (4) Dimensi jaminan, pegawai telah meberikan jaminan ketetapan waktu dan biaya pelayanan kepada masyarakat, serta jaminan kemudahan pelayanan terhadap/kerusakan/produk yang salah cetak. (5)Dimensi emphati, sudah bersikap ramah dan sopan kepada masyarakat, pegawai sudah profesional dan menerapkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan satun) kepada masyarakat.

Kata kunci : Kualitas pelayanan, Pelayanan publik.


Full Text:

PDF

References


Buku Referensi :

A Munawak Saleh. 2010. Manajemen Pelayanan. Jakarta : Pustaka Belajar.

Ahmad Ainur Rohman, dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang: Program Sekolah Demokrasi.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Lukman, S. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Mukrom, Zaenal &Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Moenir, 2003. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Moelong, 2013. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Roksada.

Nugroho, Riant. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pasolong, Harbani. 2016. Teori Administrasi Publik. Bandunng : Alfabeta.

Ratminto, Winarsih,A,S. 2006. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerepan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinambela, d. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy,Ph.D. 2017. Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, (2005). Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.

Widodo, J. (2001). Good Governance. Surabaya: Insan Cendikia.

Referensi Jurnal Skripsi :

Isra’ Nurhidayat. 2019. Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura.

Wani Anjeli. 2018. Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v11i1.2924

Article Metrics

Abstract view : 458 times
PDF - 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696