EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM SERTIFIKASI PADA KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KECAMATAN MEMPAWAH TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses evaluasi kebijakan program sertifikasi terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kecamatan MempawahTimur. Judul ini dipilih berdasarkan fenomena yang berkaitan dengan evalusi kebijakan program sertifikasi terhadap kinerja guru baik itu dalam perencanaan proses program belajar dan pelaksanakan proses belajar mengajar yang berdampak terhadap kinerja guru yang belum optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Dunn (2003: 608) yang terdiri dari beberapa indikator yaitu; 1). Efektivitas Kebijakan dan 2). Ketepatan Program. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi kebijakan program sertifikasi terhadap kinerja guru di Madarsah Aliyah Negeri 1 sudah berjalan dengan baik diantaranya yaitu, motivasi mengajar guru meningkat, guru lebih variatif dan kreatif dalam metode mengajar, meningkatkan kesejahteraan guru, peningkatan kinerja guru. Adapun kendala yang dialami diantaranya Kendala evaluasi sertifikasi guna meningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1, sarana prasarana madrasah yang masih terbatas, dan keaktifan siswa kurang. Dampak evaluasi program sertifikasi pada kinerja guru yang belum tersertifikasi kurang jam mengajar.
Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan, Kinerja Guru, Sertifikasi
Full Text:
PDFReferences
BUKU:
Agustino, Leo. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta ,2006. prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) (tidak diterbitkan)
Dunn, Wiliam, (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik (edisi kedua). Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Gibson. (2003). Organisasi: Perilaku Struktur, Proses, Edisi Kelima, Jilid 1, Alih Bahasa Djakarsih. Jakarta: Erlangga
Irawan, Prasetya (2006). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Imu-Ilmu Sosial. Depok: DIA FISIP UI.
Islamy, Irfan. (2009). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Akasara.
Mardalis, (2003). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposa. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mustopadidjaya, (2000). Manajemen Proses Kebijakan Publik. Jakarta: Lemabaga
Prawirosentoso, (2000). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Karya.
Sarimaya, Farida. (2008). Sertifikasi Guru Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Bandung: Irama Widya.
Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik Untuk penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta
Sulaiman, (1999). Kebijakan Publik, Bandung: Universitas Padajajaran Press
Tilaar, H.A.R dan nugroho, Riant. (2008). Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Yoyakarta: Pustaka Pelajar
Triyono, Bambang, dkk. (2013). Evaluasi Kebijakan Reformasi Birokrasi. Jakarta: BAPPENAS
Usman, Husaini & Akbar, Purnomo Setiady. (2009). Pengantar Statistika. Jakrta: PT. Bumi Akasara
Widodo, Joko. (2010). Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Bayu Media.
Winarno, Budi. (2008). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo
Yeremis, T Keban. (2004). Enam Deminisi Strategi Admininstrasi Publik, Konsep, Teori dan Issue. Yoyakarta: Gajah Media.
Peraturan Perundangan:
Keputusan Menteri Agama republik Indonesia nomor 103 tahun 2005 tentang pedoman pemenuhan beban kerja guru madrasah yang bersertifikat pendidik.
Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional penidikan,
Peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru,
Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru,
Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 10 tahun 2009 tentang sertifikasi bagi guru dalam jabatan
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang ssistem pendidikan nasional,
Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen,
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v11i2.2948
Article Metrics
Abstract view : 344 timesPDF - 213 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696