PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS ANAK MELALUI PELATIHAN DAN KETERAMPILAN DI PANTI ASUHAN CACAT FISIK SABATU KOTA PONTIANAK

ARDIANUS HASANUDIN NIM. E11112036

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk keterampilan, faktor penghambat dan pendukung serta menganalisis upaya panti asuhan cacat fisik sabatu dalam memberdayakan anak-anak disabilitas melalui pelatihan keterampilan. Penelitian  ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di panti asuhan cacat fisik sabatu kota Pontianak yang beralamat di jalan cendana 110 Pontianak Kelurahan Darat Sekip Kecamatan Pontianak Kota. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa proses pelaksanaan pemberdayaan ini berjalan kurang maksimal dikarenakan beberapa faktor penghambat dari pelaksanaan pelatihan keterampilan ini adapun faktor-faktor tersebut : kondisi fisik anak, sarana dan prasarana yang masih minim untuk  menunjang kebutuhan pelatihan dan tenaga pengajar yang sangat terbatas sehingga proses pelaksanaan pelatihan dan keterampilan berjalan kurang maksimal.

 

Kata-kata kunci :                Pemberdayaan anak penyandang disabilitas, Pelatihan Keterampilan, Pembangunan Sosial

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1181 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia