PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI DESA HILIR KANTOR KECAMATAN NGABANG KEBUPATEN LANDAK

BREVOO DIRY ASVELA, Mukhlis Mukhlis, Ema Rahmaniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Di Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang Kebupaten Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif jenis penelitian deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan aktivitas sosialisasi Program  KUBE telah dilaksanakan di  kecamatan Ngabang  dalam pelaksanaan kegiatan dapat dilihat dari keterlibatan masyarakat dalam proses pelaksanaan kegiatan, melalui keterlibatan masyarakat baik dari segi kesediaan masyarakat meluangkan waktu dan tenaga serta kesediaan masyarakat dalam menghadiri kegiatan sosialisasi tentang pelaksanaan kegiatan KUBE. Aktivitas penyaluran dana untuk kelompok usaha bersama (KUBE) di Kecamatan Ngabang  telah dilaksanakan, yaitu dari beberapa kelompok usaha telah mendapatkan penyaluran dana dari program KUBE,  dana diberikan sebesar 200.000.000 untuk 10 kelompok. Masyarakat Desa Hilir Kantor terdapat 2 kelompok usaha yang mendapatkan Program KUBE. Pemberdayaan Program KUBE di kecamatan Ngabang  setiap tahun mengalami peningkatan baik dari sisi peningkatan jumlah dan kualitas masyrakat yang dapat diberdayakan, peningkatan dalam sarana dan prasarana, serta yang paling penting adalah terus meningkatnya minat dari masyarakat dalam mengapresiasi program ini. Pemanfaatan Program KUBE pada hakekatnya diarahkan untuk meningkatkan akses hidup sejahtera bagi individu, keluarga dan kelompok masyarakat terhadap sumber daya untuk melakukan proses produksi dan kesempatan berusaha

Kata Kunci : Pemberdayaan, Aktivitas, Kelompok Usaha Bersama, Masyarakat.

 


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Lubis dan Martani. 1987. Teori Organisasi. Bandung: Ghalia Indonesia.

Nogi Tangkilisan, Hassel. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.

Siagian, Sondang P. 1978. Manajemen Modern. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Steers, Richard M. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga..

Sulistiyani, A.T. 2004 Kemitraan dan model-model Pemberdayaan. Jogjakarta: Gavamedia

Kementerian Sosial Republik Indonesia. 2011. Pedoman Pelaksanaan Lembaga Keuangan Mikro Kelompok Usaha Bersama Sejahtera. Jakarta: Kemensos.

Kementerian Sosial Republik Indonesia. 2011. Pedoman Kelompok

Usaha Bersama. Jakarta: Kemensos


Article Metrics

Abstract view : 186 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia