PERSPEKTIF MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHARMA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN AIR BERSIH KEPADA MASYARAKAT DI DESA NANGA MENTEBAH KECAMATAN MENTEBAH KABUPATEN KAPUAS HULU
Abstract
Penelitian ini Bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan perspektif masyarakat terhadap pelayanan dan factor-faktor penyebab rendahnya eksistensi pelayanan PDAM Tirta Dharma kepada masyarakat sebagai pelanggan. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian Pegawai PDAM Tirta Dharma cabang Desa Nanga Mentebah. Teknik pengumpulan data, wawancara mendalam, pengamatan (observasi) dan teknik dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan data, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data mengacu pendapat Miles and Huberman (1984, dalam Sugiyono 2011:246) yaitu; data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Teori yang digunakan menurut Suhanadji (Dalam Areabaca. 2015) mengemukakan bahwa perspektif merupakan cara pandang/wawasan seseorang dalam menilai masalah yang terjadi di sekitarnya, yang mana perspektif itu merupakan cara pandang yang muncul akibat kesadaran seseorang terhadap suatu isu yang terjadi. Perspektif dapat dijadikan penambah wawasan atau pengetahuan seseorang agar dapat melihat segala sesuatu yang terjadi dengan pandangan yang luas. Hasil penelitian pelayanan PDAM Tirta Dharma kepada masyarakat umumnya khususnya para pelanggannya belum memuaskan. Faktor penyebab rendahnya eksistensi pelayanan PDAM Tirta Dharma, (a) Faktor internal meliputi, manajemen perusahaan yang belum profisional, masalah sumber daya manusia (SDM) masih terbatas secara kuantitas dan kualitas, dan terbatasnya sarana dan prasarana pendukung operasional. Faktor eksternal meliputi sering terjadinya kerusakan pipa dan kehilangan air yang tinggi, surutnya sungai sebagai sumber air pada musim kemarau, dan gangguan pertambangan emas.
Kata kunci : Perspektif, Masyarakat, Pelayanan, PDAM, Air Bersih
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad.
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2016.Menatap Ke Depan Perekonomian Nasional.Jakarta: BAPPENAS.
Badan Pusat Statistik. 2016.Statistik Keuangan: Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah. Jakarta: BPS.
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Loina. 2001. Hubungan Masyarakat Membina Hubungan Baik Dengan Publik. Bandung: CV. Lalolo.
Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Munir, Badrul. 2002. Perencanaan Pembangunan Daerah Perspektif Otonomi Daerah. Mataram: BAPPEDA Propinsi NTB.
Notoatmodjo, S. 1998. Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Poloma, M. 2010. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ratminto,. dan Atik Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumodiningrat, Gunawan. 1997. Agenda Pemulihan Ekonomi: Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat Melalui Pemberdayaan dan Otonomi Daerah. Jakarta: PT. Kipas Putih Aksara.
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Soyomukti, N. 2010. Pengantar Sosiologi: Dasar Analisis, Teori & Pendekatan Menuju Analisis Masalah-masalah Sosial, Perubahan Sosial & Kajian-Kajian Strategis. Yokyakarta: Arr-Ruzz Media.
Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen.Yogyakarta: BPFE.
Peraturan Perundang-undangan, Jurnal dan Skripsi:
Undang-Undang Dasar 1945.
Undang-Undang RI. Nomor 5 Tahun 1962 Tentang Perusahaan Daerah.
Undang-Undang RI. Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
Undang-Undang RI. Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang RI. Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
Undang-Undang RI. Nomor 9 Tahun 2015. Tentang Pemerintahan Daerah.
Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).
Peraturan Menteri Kesehatan RI. Nomor 416/Menkes/Per/TX/1990 Tentang Persyaratan Kualitas Air Bersih.
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 tahun 1999 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).
Article Metrics
Abstract view : 300 timesPDF - 143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
SOCIODEV, jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia