PERANAN PANTI ASUHAN BAITUL HIKMAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NONFORMAL ANAK ASUH DI DESA SUNGAI RENGAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA
Abstract
Judul Penelitian ini adalah “Peranan Panti Asuhan Baitul Hikmah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Formal dan Nonformal Anak Asuh Di Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Peranan Panti Asuhan Baitul Hikmah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Formal dan Nonformal Anak Asuh serta untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami dalam menjalankan perannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang telah di peroleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui Peranan Panti Asuhan Baitul Hikmah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Formal dan Nonformal. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Teranalisinya peran panti asuhan dalam pelaksanaan pendidikan formal dan nonformal anak asuh, dibuktikan dengan terpenuhinya hak anak untuk mendapatkan pendidikan formal dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi dan terlaksananya pendidikan nonformal berupa pembinaan dan pengarahan dalam bentuk kegiatan keagamaan guna pembentukan pribadi anak serta kegiatan pengembangan diri anak di berbagai bidang. (2) Terungkapnya kendala yang dihadapi Panti Asuhan Baitul Hikmah dalam menjalankan perannya: (1) Dana, (2) Kesulitan mengawasi anak-anak yang bersekolah di luar lingkungan panti, (3) Fasilitas penunjang belajar online yang belum memadai, (4) Diri anak asuh sendiri. Saran dari penelitian ini ditujukan kepada Pihak Panti Asuhan Baitul Hikmah agar dapat memaksimalkan perannya serta meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan anak asuh. Kepada Instansi terkait agar lebih peduli terhadap keberadaan Panti Asuhan Baitul Hikmah yang memerlukan bantuan dana dalam pemenuhan kebutuhan anak asuh.
Kata kunci : Peranan; Panti Asuhan; Pendidikan; Anak Asuh.
Full Text:
PDFReferences
Abdulsyani. 2012. Sosiologi Skematika, Teori, Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional RI. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-4. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Departemen Sosial RI. 2004. Tentang Panti Asuhan Atau Lembaga Kesejahteraan Anak (LKSA).
Departemen Sosial RI BAB III Pasal 11. Tentang Jenis Dan Tugas Panti Asuhan Sosial.
Departemen Sosial RI. 2007. Panduan Pelaksanaan Pembinaan kesejahteraan Sosial Anak Melalui Panti Asuhan. Jakarta.
Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). Di Akses 22 Juni 2021.
(http://kbbi.web.id)
Moleong,Lexy J.2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Narwoko, J Dwi.,dan Bagong Suyanto. 2006. Sosiologi Teks dan Terapan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Novita. 2019. “Peran yayasan Panti Asuhan Riyaadlul Yataama Terhadap Pemenuhan Hak Anak Memperoleh Pendidikan” Skripsi, Universitas Negeri Makasar. Di akses 22 Juni 2021. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint.13961.
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No.106/HUK/2009 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Panti Sosial di Lingkungan Departemen Sosial.
Siagian, Silvia Yunita. 2019. “Program Pelayanan Sosial Di Panti Asuhan Rumah Yatim Ar Rahman Kota Medan” Skripsi, Universitas Sumatera Utara. Di Akses 22 Juni 2021. http://repositori.usu.ac.id.
Siswoyo, Dwi., T. Sulistyono., Acmad Dardiri., Arif Rohman., L. Hendrowibowo., dan Suryati Sidharto. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan,
Jakarta: Bumi Aksara
-----------------------. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. Raja Grafindo.
-----------------------.2009. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
-----------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulthoni, Yahya. 2013. “Strategi Pembentukan Karakter Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya.” Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. Di Akses 17 November 2021. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/1481
Suprijanto. 2009. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tim Penyusun. 2010. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional danPeraturan Pemerintah RI Tahun 2010 TentangPenyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: CitraUmbara.
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU 23 Tahun
Tentang Perlindungan Anak.
Article Metrics
Abstract view : 348 timesPDF - 238 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
SOCIODEV, jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia