PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PENANGKAPAN IKAN DARI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNTUK NELAYAN (Di Desa Terayak, Kecamatan Subi, Kabupaten Natuna)

INDRA SAFAWI NIM. E11109004

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis pemberdayaan masyarakat melalui program penangkapan ikan serta mendeskripsikan pemanfaatan bantuan alat penangkap ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Untuk Nelayan di Desa Terayak, Kecamatan Subi, Kabupaten Natuna. Permasalahan mengenai pemberdayaan masyarakat nelayan ini sangat menarik untuk diteliti disebabkan oleh rendahnya harga jual ikan, penangkapan ikan secara tradisional tidak maksimal, nelayan tidak bisa bekerja pada saat cuaca buruk, hasil tangkapan ikan yang sedikit tidak bisa di jual di penampungan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk memperoleh informasi tentang pengelolaan dan pemanfaatan berbagai sumberdaya yang terkandung didalam perairan laut, baik berbagai jenis ikan  dan biota laut yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan nelayan. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan nelayan-nelayan yang aktif melakukan penangkapan penuh untuk memenuhi kebutuhan hidup, Kepala Desa dan beberapa masyarakat yang memiliki aktifitas selain nelayan serta tokoh-tokoh masyarakat. Observasi dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan gejala yang tampak pada objek penelitian yang melaksanakan langsung pada suatu keadaan, situasi, dan peristiwa yang terjadi. Dalam penelitian ini, peneliti mengamati secara langsung pelaksanaan penangkapan ikan yang dilakukan oleh para nelayan serta melihat aktifitas nelayan dalam pengoperasian alat tangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi bagi rumah tangga mereka di Desa Terayak, Kecamatan Subi. Hasil dari penelitian adalah terpenuhinya  kebutuhan  dasar manusia, tersedianya  prasarana dan sarana  produksi  lokal, dan terciptanya kegiatan-kegiatan  ekonomi  produktif sehinga masyarakat nelayan sedikit bisa terlepas dari kmiskinan karena terdapat bantuan dari pemerintah berupa mesin diesel, pukat dan bubu. Dengan adanya mesin nelayan bisa pergi jauh dari pantai untuk melaut dibandingkan dengan menggunakan perahu, dan bantuan berupa pukat dan bubu juga membantu mereka dalam segi jumlah peralatan, dulu nelayan hanya mempunyai beberapa jumlah panjang pukat dan beberapa buah bubu saja namun dengan adanya bantuan ini setiap peralatan tangkap ikan mereka bertambah jumlah panjang pukat dan jumlah bubu. Dengan adanya bantuan ini masyarakat nelayan tertolong dari segi ekonomi, dan harapan untuk nelayan agar bisa memanfaatkan alat penangkapan ikan secara maksimal.

                                                                                                                                         

Kata-kata kunci: kemiskinan, pemberdayaannelayan, dan alat tangkapan ikan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1119 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia