MIGRASI TENAGA KERJA WANITA (TKW) KE LUAR NEGERI DI DESA KARTIASA KECAMATAN SAMBAS

ZURI ASTARI NIM. E51109042

Abstract


Menurunnya minat masyarakat Desa Kartiasa Kecamatan Sambas untuk tidak bekerja lagi menjadi TKW keluar negeri dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu terjadi kekerasan dan eksploitasi TKW yang bekerja diluar negeri, dan belum optimalnya peran pemerintah dalam membina dan melindungi pekerja di luar negeri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memaparkan terjadinya penurunan minat masyarakat Desa Kartiasa Kecamatan Sambas menjadi TKW ke luar negeri, menjelaskan  faktor internal dan eksternal yang menyebabkan menurunnya minat TKW asal Desa Kartiasa Kecamatan Sambas ke luar negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu dari aspek internal, minat masyarakat Desa Kartiasa Kecamatan Sambas untuk bekerja lagi menjadi TKW menurun karena rumitnya pengurusan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang TKI legal, sudah berkembangnya sektor perekonomian di kecamatan Sambas, dan faktor keluarga sangatlah penting membuat mantan TKW memilih untuk menetap dikampung halaman. Dari aspek eksternal, diketahui bahwa mantan TKW tidak bekerja menjadi TKI diluar negeri lagi dikarenakan pada saat ini perekonomian Indonesia sudah stabil dengan gaji yang hampir sama dengan gaji yang didapatkan di Malaysia, biaya administrasi deposit untuk negara yang terlalu tinggi, dan isu-isu negatif yang menimpa TKW mengakibatkan TKW yang sudah pulang ke kampung halamannya tidak berminat lagi untuk bekerja ke luar negeri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori migrasi Everett. S. Lee, yaitu faktor terpenting setiap individu melakukan migrasi adalah faktor individu itu sendiri, apakah suatu daerah dapat memenuhi kebutuhanya atau tidak. Saran dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kualitas pendidikan bagi masyarakat Kecamatan Sambas, pentingnya memberikan pelatihan wirausaha dan kursus keterampilan kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan, dengan adanya kehidupan ekonomi yang semakin tinggi maka dapat membantu daerah tersebut menjadi lebih berkembang sehingga sedapat mungkin masyarakat Kecamatan Sambas tidak perlu mencari pekerjaan di luar negeri.

Kata-kata Kunci : TKW, migrasi internasional, faktor internal dan eksternal.


Full Text:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract view : 1434 times
PDF - 650 times PDF - 826 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02