RESPON MASYARAKAT PETANI TERHADAP PROGRAM PANCA USAHA TANI PADI DI DESA NUSAPATI KECAMATAN SUNGAI PINYUH (Studi Kasus Pada Masyarakat Petani Di Kecamatan Sungai Pinyuh)

SRI WAHYUNI NIM. E51109072

Abstract


Modernisasi dapat digunakan dibidang pertanian di Indonesia ditandai dengan perubahan yang mendasar pada pola-pola pertanian, dari cara-cara tradisional menjadi cara-cara yang lebih maju. Perubahan-perubahan tersebut meliputi beberapa hal, antara lain dalam pengolahan tanah, penggunaan bibit unggul, penggunaan pupuk, penggunaan sarana-sarana produksi pertanian, dan pengaturan waktu panen. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian skripsi ini adalah: “ Mengapa Masyarakat Petani di Desa Nusapati Kecamatan Sungai Pinyuh kurang merespon Modernisasi Pertanian Padi?” Teori yang digunakan pada penelitian skripsi ini adalah Teori Respons oleh Scott, sedangkan metode penelitian menggunakan metode Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Nusapati Kecamatan Sungai Pinyuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, tingkat kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat petani di Desa Nusapati Kecamatan Sungai Pinyuh masih rendah, Kedua Petani kesulitan dalam menyediakan modal untuk biaya pertanian dengan cara Panca Usaha Tani Padi seperti pembelian pupuk, dan belum tersedianya irigasi pengairan.

 

Kata-kata Kunci: Respons, Panca Usaha Tani, Keluarga


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1475 times
PDF - 1282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02