PERILAKU MENYIMPANG DI KALANGAN SISWA (STUDI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 31 SEPAKAT II KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA)
Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang selalu mengarahkan dan membimbing siswanya dalam mencapai tujuan pendididkan, akan tetapi dalam prosesnya terdapat masalah dan kendala yang senantiasa mengiringinya. Berdasarkan penelitian yang di lakukan bahwa terdapat pelanggaran yang di lakukan siswa yaitu berseragam tidak sesuai tata tertib sekolah, merokok, berkelahi, mengangkat rok teman perempuannya, mengganggu teman lagi belajar, membolos, pengeroyokan, sering tidak mengerjakan tugas, bermain kejar-kejaran dalam kelas. Tempat penelitian yakni di Sekolah Dasar Negeri 31 Sepakat II Kecamatan Pontianak Tenggara. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan ialah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku menyimpang dan bagaimana usaha guru dan orangtua untuk mencegah siswa berperilaku menyimpang di Sekolah Dasar Negeri 31 Sepakat II Kecamatan Pontianak Tenggara. Penelitian ini menggunakan teori sosialisasi (Asosiasi Diferensial) oleh Edwin H. Sutherland. Teori ini menyebutkan bahwa penyimpangan perilaku adalah hasil dari proses belajar. Adapun kesimpulan menurut teori yang di kemukakan oleh Edwin H. Sutherland bahwa perilaku menyimpang yang di lalukan siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Sepakat II Kecamatan Pontianak Tenggara, terjadi karena adanya penyimpangan yang bersumber dari pergaulan dengan sekelompok orang yang telah menyimpang, serta dari norma-norma yang menyimpang, terutama dari subkultural atau diantara teman-teman sebaya yang menyimpang. Faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku menyimpang adalah faktor lingkungan, teman sebaya dan sosialisasi yang tidak sempurna. Usaha guru untuk mencegah siswa berperilaku menyimpang yaitu dengan cara Preventif (mencegah), Represif (pencegahan), dan Kuratif (penyembuhan) dan Rehabilitasi (perbaikan). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada orangtua lebih memberikan perhatian kepada anak terutama yang bersifat non material dan perhatian terhadap lingkungan sepermainan anak, sehingga anak dapat berkembang dan mempunyai motivasi belajar yang lebih baik. Sedangkan bagi sekolah melakukan kerjasama denga orang tua siswa untuk meningkatkan kontrol sosial terhadap siswa dan memberikan tindakan yang tegas terhadap siswa yang berperilaku menyimpang, di harapkan tidak hanya dari pihak sekolah, tetapi keluarga dan masyarakat juga turut berperan agar tidak terjadi penyimpangan perilaku terhadap anak/siswa.
Kata-kata Kunci: Perilaku Menyimpang, Siswa Sekolah Dasar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1522 timesPDF - 4229 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02