PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA NELAYAN DI DESA KEMBOJA KECAMATAN PULAU MAYA KABUPATEN KAYONG UTARA

HIDAYANTI NIM. E1041131082

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga nelayan di Desa Kemboja Kecamatan Pulau Maya Kabupaten Kayong Utara dan menganalisis faktor harapan-harapan tindakan yang ingin berubah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan  kualitatif dengan menggunakan teori peran oleh Menzies. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan nelayan Desa Kemboja Kecamatan Pulau Maya Kabupaten Kayong Utara sudah mulai berkembang dalam meningkatkan pendapatan di dalam keluarga antara lain: (1) Adanya kerja sama, antara suami dan istri sehingga mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan hasil tangkapan yang cukup banyak dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. (2) Adanya kemauan perempuan Desa Kemboja ini dalam meningkatkan ekonomi keluarga dengan cara mengolah ikan  dan juga berperan di dalam keluarganya sebagai istri, sekaligus ibu dari anak-anak. Faktor harapan-harapan tindakan yang ingin berubah perempuan Desa Kemboja tetap berperan aktif dalam menunjang pendapatan ekonomi keluarga, agar kehidupan yang mereka jalani menjadi lebih baik dan harapan-harapan yang mereka inginkan bisa meningkatkan pendapatan di dalam rumah tangga yaitu dengan cara berkerja sebagai pendamping suaminya menjadi nelayan.

                    

Kata-kata Kunci: Peran, Perempuan, Perekonomian, Keluarga, dan Nelayan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 838 times
PDF - 428 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02