FUNGSI TUAK DALAM BUDAYA MASYARAKAT DAYAK BEKIDOH DI DESA PISANG KECAMATAN JANGKANG

EVA BELIANA NIM. E1041141011

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pentingnya peran tuak dalam tradisi masyarakat, mendeskripsikan dan menganalisis berbagai macam tuak, mendeskripsikan dan menganalisis makna tuak dalam kehidupan masyarakat, mendeskripsikan dan menganalisis beberapa dampak kebiasaan meminum tuak. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peminum tuak yang sudah berkeluarga, keluaraga yang pernah mengadakan upacara adat, ketua adat, masyarakat pengkonsumsi tuak dengan porsi berlebihan. Hasil penelitian ini menunjukan betapa penting tuak dalam budaya masyarakat di desa Pisang yaitu dapat dilihat dari peran tuak pada tradisi masyarakat seperti upacara tak suma’k gawai, pernikahan, kelahiran, kematian, bedukun, bebike begitu penting perannya dalam mensuksesakan kegiatan. Ada empat macam tuak yaitu tuak beras ketan, tuak singkong, tuak tampui dan tuak pisang. Makna tuak dalam kehidupan masyarakat yaitu sebagai minuman kehormatan, mempererat persaudaraan dan kekeluargaan, sebagai ucapan rasa terimakasih, memberikan kenyamanan, memberikan kebahagiaan dan menjadi penyemangat. Selain memiliki fungsi yang baik dalam masyarakat tuak juga dapat menimbulkan permasalahan sosial seperti pertengkaran dalam rumah tangga dan tergangunya kesehatan masyarakat seperti deman dan sakit perut. Teori yang digunakan adalah teori fungsionalisme yang menekan konsep fungsi dalam melihat kebudayaan yang tedapat pada fungsi-fungsi tuak dan makna yang ada didalamnya.

                                                    

Kata-kata kunci: Fungsi, Tuak, Makna, Masalah Sosial

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1034 times
PDF - 627 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02