MAKNA SIMBOL-SIMBOL DALAM RITUAL NGUMPAN PADI PADA MASYARAKAT DAYAK KETUNGAU SESATDI DESA ENSALANG KECAMATAN SEKADAU HILIR KABUPATEN SEKADAU

NENENG NIM. E1041141023

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui dan memahami makna simbol-simbol dalam ritual ngumpan padi oleh generasi tua di dusun Ensali Jaya dan mendeskripsikan pergeseran dalam pelaksanaan ritual ngumpan padi. Teori yang digunakan adalah Interaksionisme Simbolis oleh Herbert Blumer dengan menfokuskan pada “root images” atau ide-ide dasar teori tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Interaksi Simbolis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Ensalang, Kepala Adat, Generasi Tua yang masih dan tidak lagi melaksanakan ritual ngumpan padi serta Generasi Muda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa makna yang ditafsirkan oleh masyarakat desa Ensalang mengenai ritual ngumpan padi dapat diklasifikasikan sebagai doa untuk dihindarkan dari sakit penyakit, sebagai doa untuk mendapatkan panen padi yang baik dan banyak, tradisi turun temurun, dan ucapan syukur dan terimakasih atas hasil panen yang diterima. Adapun obyek-obyek dalam ritual adalah Juata Piacan Pianganao, ayam, alat-alat pertanian, benih, batu asah, mandau, pungguk padi, semengat padi, beras, paku, tuak, kerumung, dan ajan. Dengan demikian penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih terkait dengan pandangan-pandangan masyarakat yang berhubungan dengan pemaknaan simbol-simbol dalam ritual ngumpan padi.

 

Kata-Kata Kunci : Makna, Simbol, Ritual Ngumpan Padi, Generasi Tua

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 726 times
PDF - 488 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02