PERILAKU SOSIAL SISWA PASCA PENERAPAN PERATURAN SEKOLAH 5 HARI DI SMK NEGERI 5 PONTIANAK
Abstract
Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk perilaku sosial siswa pasca penerapan peraturan sekolah 5 hari di SMK Negeri 5 Pontianak. Penelitian ini dikaji lebih dalam berkaitan dengan perubahan sistem waktu belajar mengajar, sehingga memicu berubahya perilaku sosial siswa di sekolah maupun di rumah. Terkait dengan perilaku sosial siswa secara akademik, telah terjadinya perubahan terhadap minat dan gaya belajar setelah peraturan sekolah 5 hari, yang disebabkan oleh waktu (pagi, siang, sore), metode guru mengajar, sarana dan prasarana, panjangnya jadwal pelajaran, serta metode belajar peserta didik di rumah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dianalisis secara deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu, dengan menggunakan telaah pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, perilaku sosial siswa SMK Negeri 5 sangat beragam, dalam menyikapi peraturan sekolah 5 hari. Sebagian siswa mengaku bisa menyesuaikan dengan peraturan tersebut, beberapa yang lain tidak. Seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit siswa mulai merasa nyaman dengan peraturan sekolah 5 hari. Siswa belum bisa mengatur penggunaan waktu antara belajar, istirahat dan kegiatan sosial. Sebagian besar siswa cenderung hanya beraktivitas di rumah, sehingga porsi interaksi sosial dengan lingkungan sekitar tempat tinggal cenderung terkurangi. Meningkatnya pengetahuan dan keahlian siswa dalam praktek kejuruan. Teori yang digunakan yaitu teori peranan menurut Glen Elder, Robert Linton, dan Soerjono Soekanto, mengarah kepada harapan untuk menuntun individu berperilaku dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kategori usia. Adapun bentuk-bentuk perilaku sosial dilandasi oleh peranan siswa dalam statusnya sebagai peserta didik terhadap, peraturan, guru, sesama siswa, orang tua, teman sebaya, dan masyarakat. Saran untuk penelitian ini adalah sebaiknya untuk pihak sekolah lebih meningkatkan fasilitas agar dapat digunakan secara maksimal, metode mengajar guru harus berubah yang menyesuaikan dengan waktu belajar, guna untuk meningkatkan minat siswa, serta peserta didik harus pandai memanfaatkan waktu, dan mengubah cara belajar yang kreatif dan inovatif.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 2008 timesPDF - 1716 times
Refbacks

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02