PERAN MODAL SOSIAL BAGI PEDAGANGKREATIF LAPANGAN (PKL) DI MASAPANDEMI COVID-19 DI JALAN H. RAIS A. RAHMAN KELURAHAN SUNGAI JAWI DALAMKECAMATAN PONTIANAK BARAT

Hildegardis Ariesa Erma, Hasanah Hasanah, Ema Rahmaniah Rahmaniah

Abstract


Penulisan skripsi mengenai Peran Modal Sosial Bagi Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) di Masa Pandemi COVID-19 di Jalan H. Rais A. Rahman Kelurahan Sungai Jawi Dalam Kecamatan Pontianak Barat, dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis peran modal sosial, yang memiliki unsur-unsur untuk mendukung kegiatan usaha pedagang kreatif lapangan di tengah pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk dapat memperoleh data dan informasi mengenai peran modal sosial, diketahui dari hubungan sosial atau interaksi, antara sesama pedagang kreatif lapangan, maupun dengan pelanggan, pihak Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, dan dengan pemilik toko atau agen. Hasil penelitian ini yaitu peran modal sosial bagi pedagang kreatif lapangan, memiliki peran untuk mendukung kelangsungan usaha pedagang kreatif lapangan di masa pandemi COVID-19. Dalam mendukung kegiatan usahanya, tidak hanya karena adanya modal ekonomi dan modal manusia, namun juga ada dukungan dari modal sosial. Yang mencakup tiga hal yaitu peran kepercayan (trust) kepada keluarga dalam menjalankan kegiatan usaha pedagang kreatif lapangan, memiliki pelanggan tetap bagi pemiliki usaha,menitipkan lapak atau barang dagangan kepada pedagang lainnya dan menitipkan media jualan ke pemilik lokasi sekitar. Peran jaringan (networks) yaitu, peran jaringan kepada pemilik toko, mempermudah berlangganan bahan jualan kepada pemilik toko dan kelancaran usaha, dan peran jaringan pelanggan atau pembeli, dalam memberikan peluang untuk mendapatkan pelanggan baru. Peran norma-norma (norms) yaitu, norma-norma dalam penetapan lokasi berjualan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, penetapan lokasi berjualan atas kesepakatan antar pedagang, kesepakatan penetapan harga (jenis usaha yang sama), dan norma dalam menjaga kebersihan lokasi usaha.

 

Kata kunci : Modal Sosial, Pedagang Kreatif Lapangan (PKL), Pandemi COVID-19.


Full Text:

PDF

References


Damsar. 2009. Pengantar SosiologiEkonomi. Jakarta: Kencana Prenata Media Group.

Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan. 2020. Data Pedagang Kaki Lima di Kota Pontianak Tahun 2019. Diakses 19 November 2020. https://data.pontianakkota.go.id

Fatchurahman, Sofiah. 2019. “Efektivitas Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan Oleh Satuan Polisi Pamong Praja Di Jalan Jawa Kota Palangka Raya”. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi vol.5, No.1 2019: 14-19. Diakses 5 April 2021.Doi:10.33084/restorica.v5i1.997.

Fukuyama. 2002. Trust, Kebijakan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. Diterjemahkan oleh Ruslaini. Yogyakarta: Qalam.

JDIH BPK RI. 2012. PeraturanPresiden (PERPRES) Nomor 125 Tahun 2012: Koordinasi Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima. Diakses 14 November 2020. https://peraturan.bpk.go.id.

Mustofa, Mohammad F. 2013. “Peran Modal Sosial pada Proses Pengembangan Usaha: Studi Kasus Komunitas PKL SMAN 8 Jalan Veteran Malang”. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya vol.1, No.2 2013: 1-18. Diakses 8 Januari 2021.

Syahyuti. 2008. “Peran Modal Sosial (Sosial Capital) dalam Perdagangan Hasil Pertanian, Pusat Analisis Ekonomi dan Kebijakan Pertanian”. Jurnal Fakultas Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Vol.26, No.1 2008: 32-43. Diakses 9 september 2020. doi:10.21082/fae.v26n1.2008.32-43.

Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02