PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS OLEH UPT LAYANAN DISABILITAS DAN ASESMENT CENTER KOTA PONTIANAK
Abstract
Penulisan Skripsi ini pada dasarnya untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana penanganan Anak Berkebutuhan Khusus yang di lakukan oleh UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Kota Pontianak. di angkat dari masalah yang di temukan saat observasi awal lapangan, serta di dukung Peraturan Walikota Pontianak Nomor 89 Tahun 2019 Tentang Pembentukan, Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis layanan Disabilitas dan Asesmen Center pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengangkat judul penelitian tersebut. Adapun permasalahan yang di temukan di lapangan yaitu sejauh ini bentuk layanan yang di berikan oleh UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Kota Pontianak kepada Anak Berkebutuhan Khusus masih dalam bentuk terapi, dan masih kurangnya Sumber Daya Manusia atau ahli terapi yang ada disana. Dalam penelitian ini di gunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif di dukung dengan teori Pelayanan Sosial dari Ibrahim (2010). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Kota Pontianak sedang mengupayakan untuk meningkatkan layanan.
Kata Kunci: Penanganan, Layanan, dan Mengupayakan
Full Text:
PDFReferences
Awwad, Muhammad. 2015. “Urgensi Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Jurnal Fakultas Dakwah dan Komunikasi Institut Agama Islam Negeri IAIN Mataram.
Delphie, Bandi. 2009. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Sleman: PT Intan Sejati.
Dewi, Lusiana. 2008. Mengenal Autisme dan Penanganannya. Yogyakarta: Relasi Inti Media.
Hadi, Agus Purbathin. 2010. “Konsep Pemberdayaan, Partisipasi dan Kelembagaan dalam Pembangunan”. eJournal Yayasan Agribisnis/Pusat Pengembangan Masyarakat Agrikarya (PPMA).
Handayani, I.M. 2013. “Interaksi sosial anak berkebutuhan khusus di SDN 016/016 inklusi Samarinda : Studi kasus anak penyandang autisme”. eJournal Sosiatri-sosiologi.
Ibrahim, R. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ilahi, Muhammad Takdir. 2003. Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: Ar Ruzz MediaPurwanta.
Jauhari, Auhad. 2017. “Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas”. Jurnal Ijtimaiya.
Kosasih, E. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama widya.
Kriyantono, Rachmat. 2012. Public Relation & Crisis Management : Pendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis dan Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Lutfi J Kurniawan, dan kawan-kawan. 2015. Negara Kesejahteraan dan Pelayanan Sosial. Jatim: Intrans Publishing.
Moleong, Lexi J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Rosda.
Muhidin, Syarif. 1992. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial: Bandung.
Nuraviva, Lely. 2008. Aksesibilitas Penyandang Disabilitas terhadap Fasilitas Pelayanan Publik di Kota Surakarta. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang.
Purwanto A Erwan, dan kawan-kawan. 2012. Implementasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Riadin, Agung., Misyanto., Dwi Sari Usop. 2017. “Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya.” Anterior Jurnal 17, 22-27. Diakses Mei 07, 2020.
Soekanto, Soerjono. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Cetakan ke enam, Jakarta: Rajawali Grafinfo.
Soetarso. 1980. Kesejahteraan Sosial, Pelayanan Sosial dan Kebijakan Sosial. Bandung: Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial.
Suryani, Luh Ketut. 2008. Hidup Bahagia – Perjuangan Melawan Kegelapan. Jakarta : Cokorda Bagus Jaya Lesmana.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.
Widinarsih, Dini. 2019. “Penyandang Disabilitas di Indonesia, Perkembangan Istilah dan Definisi”. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial.
Article Metrics
Abstract view : 1794 timesPDF - 917 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02