INTERAKSI SOSIAL SISWA ETNIK TIONGHOA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAAN PENDIDIKAN KRISTEN DI KOTA PONTIANAK

ADELLA RIZKY SEPTIANI NIM. E51109020

Abstract


Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah permasalahan etnik Tionghoa yang hijrah ke Kalimantan Barat khususnya antara masyarakat pribumi dan etnik Tionghoa sudah semestinya menjadi sebuah pembahasan yang sudah terbiasa dikehidupan sehari-hari, ini dikarenakan masyarakat etnik Tionghoa sampai saat ini masih memunculkan perilaku memisahkan diri dari lingkungan pribumi dan membentuk kelompok sesama etnik Tionghoa. Upaya untuk menciptakan interaksi yang baik sampai saat ini bisa di katakan kurang berhasil atau tidak berhasil. Hal ini dikarenakan kedua kelompok etnik ini hanya berinteraksi sosial sesama dengan etnik mereka masing-masing. Interaksi sosial ini bisa terjadi di lingkungan manapun, bisa disekolahan, perdagangan, perkantoran dan lain sebagainya. Sampai saat ini masih menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat, tapi interaksi sosial yang paling sulit untuk dipecahkan dalam masyarakat adalah interaksi sosial di sekolah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk interaksi asosiatif (kerja sama, akomodasi dan asimilasi) dan disosiatif (persaingan, kontravensi dan pertentangan atau pertikaian) serta asimilasi siswa metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah pada bentuk interaksi yang asosiatif dan disosiatif pada etnik Tionghoa, diantaranya bentuk interaksi yang asosiatif yang terjadi pada remaja: mempermudah tugas kerja kelompok kerjasama dalam melakukan komunikasi dalam menyelesaikan tugas dan dengan adanya gotong royong dalam bentuk kerja sama di lingkungan sekolah. Sedangkan bentuk interaksi disosiatif terajadinya persaingan dan konflik diantara remaja di lingkungan sekolah seperti persaingan dalam belajar dan beberapa perlombaan dalam mengikuti sebuah turnamen yang di adakan pemerintah Kota Pontianak. Dan persaingan dalam merebutkan ranking untuk mendapatkan nilai yang terbaik di Sekolah  Menengah Atas Yayasan Pendidikan Kristen.

 

Kata-kata kunci :      Etnik Tionghoa,Etnik Pribumi,Interaksi sosial,Lingkungan Sekolah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 996 times
PDF - 929 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02