PERILAKU OPERATOR DAN AWAK ANTAR KOTA DALAM PROVINSI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PENUMPANG (Studi Pada Jurusan Pontianak-Entikong)

APRIATI NIM. E51110025

Abstract


Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman mengenai perilaku pelayanan yang diberikan oleh operator bus pada penumpang khususnya pada bus jurusan Pontianak-Entikong. Beberapa perilaku operator dan awak bus diidentifikasikan menyimpang sehingga membuat pelayanan yang diberikan kurang masimal, mengingat intensitas masyarakat masih tinggi menggunakan angkutan umum khususnya bus sebagai sarana transportasi sehingga penelitian ini sangat menarik untuk ditindak lanjuti. Tujuan penelitian ini ialah ingin memaparkan tentang perilaku operator dan awak bus pada jurusan Pontianak-Entikong yang menyimpang dalam memberikan pelayanan kepada penumpangnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori ransang-balas (stimulus-respons theory) dan teori konflik. Teori rangsang-balas digunakan untuk menjelaskan berbagai tingkah laku sosial. Tingkah laku sosial yaitu kecendrungan atau kesediaan seseorang bertingkah laku tertentu kalau ia menghadapi suatu rangsangan. Teori konflik lebih dalam menganalisis tentang hasil tingkah laku sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif  dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini berusaha memberikan gambaran secara intensif, rinci dan mendalam mengenai perilaku operator dan awak bus antar kota dalam provinsi  dalam memberikan pelayanan kepada penumpangnya khususnya bus jurusan Pontianak-Entikong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan observasi dan sebagai subyek penelitian ini adalah penumpang, operator dan awak bus jurusan Pontianak-Entikong. Adapun hasil penelitian ini mengungkapkan perilaku operator dan awak bus menyimpang dalam lima (5) aspek pelayanan,  yaitu (1) ketidaktepatan waktu keberengkatan dan ketibaan bus di tempat tujuan, (2) keamanan penumpang terancam, (3) ketidak nyamanan, (4) ketidak pastian tarif, dan (5) kurang peduli operator dan awak bus kepada penumpang. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan penanggungjawab lebih sensitif dan peka terhadap masalah-masalah transportasi ini dengan cara melakukan pengamatan langsung dilapangan dan kepada masyarakat agar bisa memilih menggunakan jasa transportasi yang operator dan awak busnya memberikan perilaku yang baik.  

Kata-kata kunci: perilaku, pelayanan, operator dan awak bus, penumpang    

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1082 times
PDF - 616 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02