FUNGSI NORMA SOSIAL BUDAYA “AMIT-LEBET” DALAM MENCIPTAKAN KEHARMONISAN ANTAR ETNIK DI DESA PUGUK KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG

SAYIMAH NIM. E51111012

Abstract


Tujuan penelitian adalah (1) untunk mengungkapkan fungsi norma sosial, dan nilai-nilai budaya “Amit-Lebet” dalam menciptakan keharmonisan pada masyarakat antar etnik di Desa Puguk Kecamatan Sungai Ambawang.(2) untuk mendiskripsikan fungsi keselarasan atau keseimbangan budaya “Amit-Lebet” pada masyarakat antar etnik di Desa Puguk Kecamatan Sungai Ambawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data di kumpulkan berdasarkan catatan lapangan dan observasi, kemudian data dikumpulkan menjadi data yang lengkap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya “Amit-Lebet” mampu menum buhkan 3 nilai. yang Pertama nilai kebersamaan; dengan adanya perayaan keagamaan semua etnik bersama-sama mengujungi rumah keluarga dan tetangga, dari kebersamaan dalam perayaan inilah semua etnik merasakan nilai kebersamaan. Kedua nilai kesopanan; tingkah laku yang sopan terhadap sesama etnik dan berbicara dengan bahasa yang halus antar sesama etnik. Ketiga nilai kepedulian; peduli antar sesama etnik, saling membantu satu sama lain, peduli terhadap lingkungan, keluarga dan tetangga. Nilai-nilai ini lah yang mendukung terwujudnya keharmonisan antar etnik di Desa Puguk. Etnik lain juga menghargai budaya “Amit-Lebet” meskipun budaya “Amit-Lebet” hanya berlaku bagi orang Madura. dan budaya “Amit-Lebet” mempunyai fungsi norma sosial, yang bertujuan untuk menyesuaikan suatu sistem untuk menciptakan keharmonisan.  antar masyarakat etnik, mengimbangi antar tujuan dan fungsi dalam ke budayaan dan saling menjaga sikap maka dari itulah dalam ke hidupan sosial antar etnik, sangat diperlukan untuk menjaga ke seimbangan atau keselarasan.

Kata-kata  kunci : Budaya “Amit-Lebet”, Etnik, Keharmonisan, Madura, Desa  Puguk, Fungsi, Sistem,  Nilai, dan Norma sosial.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1550 times
PDF - 3472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02