PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 23 KECAMATAN PONTIANAK TIMUR KOTA PONTIANAK
Abstract
Berbagai pendapat menyatakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu status sosial
ekonomi orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan atau tidak,
antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 23 Pontianak Timur. Hal
ini menarik karena dari beberapa penelitian sebelumnya, ada yang menyatakan terdapat pengaruh dan adapula yang
tidak.
Pada penenelitian ini, status sosial ekonomi orang tua dilihat berdasarkan tingkat pendidikan, jenis pekerjaan,
pendapatan dan fasilitas yang dimiliki oleh orang tua. Adapun instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah
divalidasi dan terealibilitasi secara statistik. Sedangkan prestasi belajar siswa dilihat pada hasil nilai raport semester
ganjil tahun ajaran 2012/2013, mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).
Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif jenis penelitian yaitu penelitian korelasional yang menentukan hubungan
pada tiap – tiap variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah 160 siswa kelas 4 sampai 6. Jumlah sampel
diambil sebesar 30% secara acak dari jumlah populasi, sehingga jumlah sampel sebanyak 48 siswa.
Hasil penelitian menyatakan bahwa status sosial ekonomi orang tua siswa di Sekolah Dasar Negeri 23
Pontianak Timur tergolong menengah. Sedangkan perstasi belajar siswa di sekolah tersebut tergolong tinggi namun
masih banyak siswa yang nilai raportnya kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil
perhitungan statistik dengan mengunakan formula analisis korelasi product moment, meyatakan bahwa tidak terdapat
pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri
23 Pontianak Timur
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Brata, S. B. (1987). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV
Rajawali
Etikawaty, F. (2012). Hubungan Ekonomi Keluarga
Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di
sekolah Menengah Pertama Negeri 21
Pontianak. Skripsi untuk memperoleh gelar S1
di STKIP PGRI. Pontianak.
Henslin, J. B. (2007). Sosiologi dengan Pendekatan
Membumi, jilid 1, edisi 6. Jakarta: Erlangga.
Idi, A. (2011). Sosiologi Pendidikan. Individu,
Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Raja
Grafindo Persada
Maftukhah. (2007). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi
Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Geografi
Siswa Kelas VIII SMPN 1 Randudongkal
Kabupaten Pemalang Tahun 2006/2007.
Diakses 13 Mei, 2012, dari
digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index/a
ssoc/HASH0152/.../doc.pdf
Nasrun. (2000). Prestasi Belajar. Diakses 14 Juni,
, dari
http://www.prestasi.com/belajarnews/0544/sa
q/html
News, B. (2010). Multiple Intelligences - Learning
Styles. Diakses 02 Februari, 2012, dari
http://www.21stcenturyschools.com/michart.g
if
Qohar. (2000). Prestasi Belajar Akademik. Diakses 14
Juni, 2012, dari
http://www.prestasi+akademik-
/belajarnews/235/saq/html
Ridwan. (2009). Dasar – Dasar Statistika Pengantar
Prof Dr H Moch Idochi Anwar M.Pd.
Bandung: Alfabeta
Ritzer, G., & Goodman, J. D. (2003). Teori Sosiologi
Modern. Jakarta: Kencana
Samuel. (1997). Sosiologi 1. Jakarta: P & K
Sirait, A. M. (2012). Ratusan Ribu Anak Putus Sekolah
Potret Buram Pendidikan di Indonesia.
Diakses 01 Februari, 2012, dari
http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/6637
/ratusan-ribu-anak-putus-sekolah.html
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor – Faktor yang
Mempengaruhinya. Surabaya: Remaja
Rosdakarya
Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta:
EGC
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suparno, P. (2007). Teori Intelegensi Ganda dan
Aplikasinya di Sekolah Cara Menerapkan
Teori Multiple Intelegences Howard Gerdner.
Yogyakarta: Kanisius
Article Metrics
Abstract view : 210 timesPDF - 121 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.