PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA

MUTIARA DEWI NIM. E1101131041

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Integrated Marketing Communications (IMC) terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengkaji pengaruh variabel iklan (X1), pemasaran langsung (X2), promosi penjualan (X3) dan hubungan masyarakat (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan sampel sebanyak 400 orang yang merupakan konsumen dari Tokopedia di seluruh Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan cara menyebarkan kuesioner secara online. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang pengolahannya dilakukan dengan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel iklan (X1), pemasaran langsung (X2), promosi penjualan (X3) dan hubungan masyarakat (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai kontribusi sebesar 51,2%. Sedangkan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Selain itu, variabel iklan (X1), pemasaran langsung (X2), promosi penjualan (X3) dan hubungan masyarakat (X4) secara sendiri-sendiri juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Pengaruh variabel iklan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 27,2%, variabel pemasaran langsung (X2) sebesar 42,3%, variabel promosi penjualan (X3) sebesar 23,1% dan variabel hubungan masyarakat (X4) sebesar 31%. Berdasarkan hasil tersebut, maka variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Tokopedia adalah variabel pemasaran langsung.

 

Kata Kunci: Integrated Marketing Communications (IMC), Keputusan Pembelian, Iklan, Pemasaran Langsung, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2611 times
PDF - 2230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.