PENGGUNAAN MEDIA INFLUENCER DALAM PEMBENTUKAN CITRA WWF-INDONESIA PROGRAM KALIMANTAN BARAT
Abstract
Penulisan Skripsi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai penggunaan media influencer oleh WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat dalam membentuk citra. Permasalahan mengenai penggunaan media influencer dalam membentuk citra WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat ini, cukup menarik untuk diteliti mengingat pada era digital ini banyak masyarakat yang menggunakan media online untuk mengetahui informasi. Salah satu faktor yang mendasari keberhasilan pembentukan citra melalui media online adalah melalui media influencer. Proses pembentukan citra WWFIndonesia Program Kalimantan Barat mencakup lima tahap yaitu exposure, attention, comprehensive, image dan behavior. Hasil penelitian menunjukan bahwa, WWFIndonesia Program Kalimantan Barat mengadakan berbagai program, menggunakan facebook dan bekerjasama dengan beberapa media influencer. Setiap tahunnya, WWFIndonesia Program Kalimantan Barat selalu mendapatkan ekspos pemberitaan di media online. Media influencer terlebih dahulu diberikan pemahaman sebelum mempublikasikan pemberitaan. Diketahui juga 7 dari 10 masyarakat pengguna media online Kota Pontianak tidak mengetahui tentang WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat. Beberapa lembaga besar diketahui menjalin kerjasama dengan WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat. Saran untuk WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat yaitu; sebaiknya melakukan upgrade dalam penggunaan platform media online, terutama Instagram untuk menarik media influencer, membuat konten yang menarik dalam bentuk audio visual, melakukan riset mengenai citra setiap tahunnya untuk mengetahui adanya perkembangan citra, serta menjalin kerjasama dengan media influencer yang memiliki pengaruh besar terhadap warga net.
Kata kunci : Media influencer, WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat, dan Citra.
THE USE OF MEDIA INFLUENCER IN FORMING THE IMAGE OF WWF-INDONESIA WEST KALIMANTAN PROGRAM
GREGORIUS ANGGIE DWI CAHYO*1 NIM. E1101151072 Dr. Lina Sunyata, M.Si2 Drs. H. Agus Eka, M.Si2
Email : [email protected]
1. The student of Communication Science Study Program, Fakulty of Social and Political Science, Tanjungpura University Pontianak. 2. The lecture Fakulty of Social and Political Science, Tanjungpura University Pontianak.
ABSTRACT
This research aims to provide an understanding of the use of media influencer by the WWF-Indonesia West Kalimantan Program in forming the image. The problem regarding the use of media influencer in forming the image of WWF-Indonesia West Kalimantan Program is quite interesting to study considering that in this digital era many people us online media to find information. One of the fundamental factors for the success of image formation through online media is through media influencer. The process of forming the image of WWF-Indonesia West Kalimantan Program includes five stages, namely exposure, attention, comprehensive, image and behavior. The results showed that, WWFIndonesia West Kalimantan Program held various programs, used Facebook and collaborated with several media influencers. Every year, the WWF-Indonesia West Kalimantan Program always gets news coverege in online media. Media influencers are first given an understanding before publishing the news. It is also known that 7 out of 10 online media users in Pontianak do not know about WWF-Indonesia West Kalimantan Program. Several large institutions are known to collaborate with the WWF-Indonesia West Kalimantan Program. Suggestions for WWF-Indonesia West Kalimantan Program are namely, they should upgrade in the use of online media platforms, especially Instagram to attract media influencers, create interesting content in the form of audio visual media, do research on image every year to find out the development of image, and establish cooperation with media influencers that have a major influence on the netizens.
Keywords: Media influencer, WWF-Indonesia West Kalimantan Program, and Image
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 2132 timesPDF - 1248 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.