STRATEGI KOMUNIKASI PADA PROGRAM PANDA CLICK! WORLD WIDE FUND FOR NATURE (WWF-INDONESIA) PROGRAM KALIMANTAN BARAT

Kristoporus Anef prabowo NIM. E.1101151067, Lina Sunyata *, Agus eka *

Abstract


Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan serta menganalisis proses strategi komunikasi yang dilakukan program Panda CLICK! WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat. Strategi komunikasi tersebut meliputi definisi masalah, perencanaan dan pemograman, mengambil tindakan dan berkomunikasi serta evaluasi program dan proses strategi komunikasi tersebut di analisis mengunakan Planning Teori dari Charles Berger. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data yang lengkap dan akurat, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan proses strategi komunikasi Program Panda CLICK! WWF-Indonesia sebagai berikut: tahap definisi masalah, program Panda Click belum mengetahui penyebab ketidaktarikan masyarakat terhadap program perubahan melalui fotografi. Tahap perencanaan dan pemrograman Panda CLICK! telah dirumuskan dengan matang seperti tujuan yang kongkrit yaitu menjadi wadah dan aspirasi masyarakat melalui fotografi. Terdapat kekurangan yaitu partisipan belum mencapai target. Tahap mengambil tindakan dan berkomunikasi dibagi menjadi strategi, media, kerjasama, event serta komunikator pada tahap ini Panda CLICK! sudah mencakup seluruh aspek saat melaksanakan komunikasi. Tahap evaluasi Program Panda CLICK! juga telah melakukan evaluasi. Hasil evaluasi terdapat beberapa faktor yang belum tercapai seperti belum jumlah partisipan dan beberapa tema foto yang tidak sesuai dengan tema yang ditentukan sehingga program Panda CLICK! memiliki peluang untuk memperbaiki pada kegiatan ke depannya. Sebaiknya program Panda CLICK! melakukan survey perihal ketidaktarikan masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan dan mendiskusikan hal tersebut dalam sebuah rapat khusus sehingga permasalahan tersebut dapat terselesaikan.
Kata kunci : Strategi komunikasi, Fotografi, Panda CLICK!


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2464 times
PDF - 1858 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.