KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr SOEDARSO
Abstract
Sejak BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) diberlakukan, terjadi permasalahan yang dialami pasien BPJS secara nasional. Ketidakpuasan pasien maupun fluktuatif jumlah pengunjung. Salah satunya terjadi di Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr Soedarso. Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman, deskripsi dan anilisis mengenai kualitas pelayanan pasien BPJS di RSUD Dr Seodarso. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan ialah teori Kualitas Pelayanan dari Parasuraman yaitu reliability, assurance, tangibles, emphaty dan responsiveness. Hasil analisis dari penelitian pada dimensi reliability ialah belum maksimal yakni pasien masih menunggu kedatangan petugas kesehatan. Dimensi assurance pada sikap, kompetensi petugas kesehatan dan keamanan obat cukup seimbang karena masih ada sebagian pasien yang merasa puas. Dimensi Tangibles yang belum maksimal pada kenyamanan, kondisi bangunan, jalan dan parkir, stok obat, jumlah tenaga kesehatan dan alat medis. Dimensi Emphaty juga belum maksimal pada kemudahan, komunikasi dan kendala, sedangkan perhatian sudah maksimal. Dimensi Responsiveness pada waktu pelayanan juga masih belum maksimal.
Kata-kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Instalasi Rawat Jalan, Pasien BPJS, Rumah SakitFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i1.1022
Article Metrics
Abstract view : 2850 timesPDF - 2242 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696