KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS MUSEUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

REVI OLVIANTI NIM. E01111047

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis kualitas pelayanan dan mendeskripsikan kualitas pelayanan pegawai dalam  memberikan  pelayanan edukatif kultural kepada pengunjung di Museum Provinsi Kalbar. Jenis penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah Penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tiga dimensi pelayanan (Tjiptono,2007:172) yaitu Realibility (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Emphaty (Perhatian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.Realibility: kurangnya faktor komunikasi dalam mensosialisasikan peraturan yang ada di UPT. Museum Provinsi Kalbar 2.Responsiveness : petugas dalam memberikan pelayanan edukatif kultural kepada pengunjung belum memahami rincian tugas yang harus digunakannya. 3.Emphaty: petugas kurang mampu menyikapi sikap tegas dan penuh perhatian terhadap pengunjung. Saran penelitian bagi UPT. Museum  Kalbar adalah untuk meningkatkan realibilitas petugas harus mewujudkan prinsip pelayanan, untuk responsivitas perlu diadakan standar pelayanan, kompetensi dan keahlian petugas, untuk emphaty diperlukan perilaku petugas pelayanan yang akuntabilitas, kondisional, dan partisipatif dengan memerhatikan aspirasi, kesamaan hak dan tidak bersikap diskriminatif.

 

Kata-kata kunci : Kualitas Pelayanan, Realibilitas, Responsivitas, dan Empati


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i2.1088

Article Metrics

Abstract view : 1891 times
PDF - 1029 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696