KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SIM PADA MOBIL BERJALAN DI POLRES KOTA PONTIANAK

NOVRIANTO GULTOM NIM. E21110052

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan Kualitas Pelayanan Pembuatan SIM pada Mobil Berjalan di Polres Kota Pontianak. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Panjangnya antrian dalam mengurus perpanjangan SIM, petugas kurang tanggap terhadap masalah perpanjangan SIM dan ruang tunggu antrian yang kurang nyaman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prinsip-Prinsip Pelayanan Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tanggal 10 Juli 2003 yang teridiri dari: kesederhanaan, kejelasan kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan dan keramahan dan kenyamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan SIM keliling sudah sangat sederhana dan memenuhi prosedur, karena pemrosesan pelayanannya yang mudah dipahami, tidak berbelit dan mudah dilaksanakan oleh pemohon, pelayanan SIM keliling diwilayah Polresta Pontianak  lebih pasti. Pelaksanaan SIM keliling ini juga lebih pasti dalam arti sesuai jadwal dan proses pelayanannya selesai dalam waktu yang singkat yaitu 15 (lima belas) menit, pelayanan SIM keliling diwilayah Polresta Pontianak  lebih akurat dan tepat karena menggunakan system komputerisasi dan didukung oleh petugas-petugas yang terlatih dan berkualitas. Sehingga dapat meminimalisir kemungkinan munculnya kesalahan – kesalahan yang tidak diinginkan seperti kesalahan dalam hal pencatatan ataupun kesalahan – kesalahan lainnya, pelayanan SIM keliling diwilayah Polresta Pontianak  aman bagi pemohon dan adanya perlindungan dari pihak kepolisian baik itu keselamatan diri pemohon ataupun keselamatan berkas – berkas / data-data pemohon dan pelayanan SIM keliling diwilayah Polresta Pontianak  untuk masalah kenyamanan masih belum nyaman karena ada beberapa pemohon yang mengeluh karena ruang tunggu yang sempit dan terbatasnya tempat duduk untuk mengantri dan untuk masalah tempat parkir tidak ada masalah.

Saran dalam penelitian ini adalah: Keamanan harus terus dipertahankan demi keamanan pemohon/ masyarakat dari para calo dan kejahatan lainnya, kenyamanan untuk pelayanan SIM keliling menambah lagi untuk tempat duduknya dan memperlebar ruang tunggu didalam bisnya agar tidak terlihat sumpek dan ruwet.

 

Kata-kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Mobil Bejalan, Pembuatan SIM


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i3.1142

Article Metrics

Abstract view : 2619 times
PDF - 2072 times PDF - 1351 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696