KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA PANCUR AJI DI KABUPATEN SANGGAU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui kualitas pelayanan bagian pengaduan pelanggan perusahaan daerah air minum Tirta Pancur Aji di Kecamatan Kapuas meliputi aspek Tranparansi, akuntabilitas dan keseimbangan hak dan kewajiban. Permasalahan yang terjadi adalah Belum optimalnya pelayanan yang diberikan perusahaan terhadap para pelanggan khususnya di Kabupaten Sanggau, air bersih di PDAM sering tidak mengalir, jaringan pipa dan sarana produksi yang sudah tua, dan ketidak merataan distribusi air bersih. Dalam penelitian ini menggunakan teori menurut Sinambela terdiri dari tiga aspek yaitu transparansi, akuntabilitas, keseimbangan hak dan kewajiban. Hasil dari penelitian ini adalah dari aspek pelayanan bagian pengaduan pelanggan masih kurang memuaskan pelanggan, karena dapat dilihat dari banyaknya keluhan/pengaduan pelanggan kepada pihak PDAM tidak semua keluhan pelanggan langsung ditanggapi bahkan tidak jarang keluhan pelanggan tidak mendapatkan tindaklanjut dari pihak PDAM. Aspek transparansi kurangnya pengetahuan pelanggan mengenai kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh manajemen PDAM dalam meningkatkan kualitas pelayanan mengenai air bersih dikarenkan kurangnya sosialisasi langsung kepada pelanggan.Aspek keseimbangan antara hak dan kewajiban, yaitu belum seimbangnya antara hak dan kewajian karena pihak PDAM sebagai penyedia jasa layanan belum mampu memberikan perlakuan yang sama kepada pelanggan yang melakukan pengaduan cenderung para pegawai melihat status sosial dan adanya perlakuan khusus terhadap pelanggan yang menggunakan pakaian dinas saat melakukan keluhan.
Kata-kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, PDAM Tirta Pancur Aji
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i3.1190
Article Metrics
Abstract view : 1900 timesPDF - 1309 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696