KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I PONTIANAK

MAHARANI RAHIM NIM. E01112032

Abstract


Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai kualitas pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak. Untuk mengukur kualitas pelayanan peneliti menggunakan indikator ukuran kualitas pelayanan menurut Murjatin (dalam Yuwono, 2001:184) yaitu kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, ekonomis, keadilan yang merata, dan kepastian waktu. Hasil dari penelitian ini adalah dari aspek kesederhanaan, masih adanya ketidaktahuan pemohon tentang informasi yang diberikan petugas walaupun sudah disediakan papan informasi dan ruang pengaduan, tetapi kenyataannya masih ada pemohon yang masih kebingungan. Dari aspek kejelasan dan kepastian, masih banyak masyarkat pemohon yang belum memahami bagaimana alur kerja dan persyaratan yang harus dilengkapi serta tidak adanya kejelasan terkait waktu buka jam pelayanan petugas yang tidak sesuai dengan jam kerja yang sudah ditetapkan pihak imigrasi. Dari aspek ekonomis, walaupun biaya yang ditentukan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah, tetapi masih adanya birojasa yang menetapkan biaya lebih tinggi dari yang sudah ditentukan oleh peraturan pemerintah. Dari aspek keadilan yang merata, petugas yang mengutamakan orang yang sakit dalam pelayanan pembuatan paspor. Walaupun demikian, tidak semua pemohon yang sehat ikhlas jikadirinyatidak didahulukan. Karena bisa jadi justru yang sehat, lebih mendesak kepentingannya daripada orang yang sakit. Jadi alangkah baiknya petugas imigrasi melayani sesuai nomor antri. Dari aspek kepastian waktu, pihak imigrasi sudah menyelesaikan pembuatan paspor sesuai dengan SOP yaitu tiga hari setelah pembayaran. Namun dari hal tersebut, masih ada kendala dalam pembuatan paspor, seperti jaringan yang lelet kemudian masyarakat yang harus menunggu seharian, dikarenakan counter pelayanan yang tersedia hanya tujuh dan yang digunakan hanya enam sehingga pelayanan pun memerlukan waktu yang lama.

 

Kata-kata kunci: Kualitas, Pelayanan, Pembuatan Paspor

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v6i1.1434

Article Metrics

Abstract view : 2327 times
PDF - 1840 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696