KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN PONTIANAK UTARA

PURNAMA SARI NIM. E01110044

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk memberi gambaran dan pemahaman mengenai pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Pontianak Utara. Permasalahannya adalah sarana yang disediakan masih kurang memadai dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kurang akuratnya data yang ter-input pada dokumen kependudukan yaitu Kartu Keluarga (KK), kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui prosedur dan syarat-syarat yang berkaitan dengan pembuatan Kartu Keluarga (KK), dan perbedaan sikap petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori Kualitas Pelayanan Prima menurut Sinambela (2010:6) yang mengemukakan terdapat 6 aspek yang menentukan tercapainya kualitas pelayanan prima yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak dan keseimbangan hak dan kewajiban. Jenis penelitian ini deskriptif dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan khususnya pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Pontianak Utara dilihat dari aspek transparansi, kondisional, partisipatif dan kesamaan hak yaitu (1) masih terdapat informasi yang belum tersampaikan kepada petugas pelayanan dan masyarakat yaitu adanya website kecamatan yang dapat diakses oleh semua pihak seperti pontianakutara.go.id, (2) dalam memberikan pelayanan petugas sudah cepat tanggap namun masih kurang disiplin karena jam buka setelah istirahat tidak sesuai dengan di papan pengumuman, (3) prosedur pengaduan yang seharusnya diketahui semua pihak namun masih belum diketahui oleh petugas dan masyarakat, dan (4) dalam memberikan pelayanan, petugas tidak membeda-bedakan masyarakat yang dilayani dan menentang diskriminasi dalam pelayanan.

Kata-kata kunci: Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Kartu Keluarga, Kecamatan Pontianak Utara


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v7i1.1732

Article Metrics

Abstract view : 2079 times
PDF - 1831 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696