KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN PONTIANAK UTARA
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberi gambaran dan pemahaman mengenai pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Pontianak Utara. Permasalahannya adalah sarana yang disediakan masih kurang memadai dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kurang akuratnya data yang ter-input pada dokumen kependudukan yaitu Kartu Keluarga (KK), kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui prosedur dan syarat-syarat yang berkaitan dengan pembuatan Kartu Keluarga (KK), dan perbedaan sikap petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori Kualitas Pelayanan Prima menurut Sinambela (2010:6) yang mengemukakan terdapat 6 aspek yang menentukan tercapainya kualitas pelayanan prima yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak dan keseimbangan hak dan kewajiban. Jenis penelitian ini deskriptif dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan khususnya pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Pontianak Utara dilihat dari aspek transparansi, kondisional, partisipatif dan kesamaan hak yaitu (1) masih terdapat informasi yang belum tersampaikan kepada petugas pelayanan dan masyarakat yaitu adanya website kecamatan yang dapat diakses oleh semua pihak seperti pontianakutara.go.id, (2) dalam memberikan pelayanan petugas sudah cepat tanggap namun masih kurang disiplin karena jam buka setelah istirahat tidak sesuai dengan di papan pengumuman, (3) prosedur pengaduan yang seharusnya diketahui semua pihak namun masih belum diketahui oleh petugas dan masyarakat, dan (4) dalam memberikan pelayanan, petugas tidak membeda-bedakan masyarakat yang dilayani dan menentang diskriminasi dalam pelayanan.
Kata-kata kunci: Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Kartu Keluarga, Kecamatan Pontianak Utara
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v7i1.1732
Article Metrics
Abstract view : 2079 timesPDF - 1831 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696