PELAYANAN PADA SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU KEPOLISIAN RESOR KOTA PONTIANAK KOTA DI KOTA PONTIANAK

NIRWADI NIM. E21112025

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polresta Pontianak Kota Terhadap Masyarakat Korban Tindak Pidana Dalam Pembuatan Laporan Polisi Di Pontianak. Permasalahan yang ada pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polresta Pontianak Kota meliputi kelengkapan sarana dan prasarana pelayanan, potensi sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan pembuatan Laporan Polisi, proses pelayanan Korban tindak Pidana, kemampuan Anggota Polisi dalam hubungan komunikasi yang baik terhadap korban tindak pidana, dan kemampuan wawasan anggota Polisi dalam memberikan pelayanan kepolisian sesuai keinginan dan memahami kebutuhan korban tindak pidana di SPKT Polresta Pontianak Kota. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana penelitian yang digunakan untuk mencari fakta dengan interprestasi yang tepat dan tujuannya adalah untuk mencari deskripsi atau gambaran yang sistematis dan akurat mengenai faktor-faktor, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelengkapan sarana dan prasarana SPKT Polresta Pontianak Kota sudah memadai dan sesuai standar operasional Kepolisian, hanya saja kekurangan ruang tunggu untuk pembuatan laporan polsisi dan kekurangan lahan parkir khususnya pengendara roda empat bagi korban yang mengalami tindak pidana yang ada di SPKT Polresta Pontianak Kota. Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di SPKT Polresta Pontianak Kota dapat dikembangkan melalui evaluasi dalam manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kepolisian. Proses pelayanan kepolisian yang ada pada SPKT Polresta Pontianak Kota sudah sesuai dengan strandar pelayanan kepolisian.

 

Kata-kata kunci : Kualitas Pelayanan, Masyarakat Korban Tindak Pidana, Laporan Polisi, Sentra  Pelayanan    Kepolisian Terpadu

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v7i1.1827

Article Metrics

Abstract view : 1770 times
PDF - 1685 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696