KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS KARYA MULIA KECAMATAN PONTIANAK KOTA

NYIMAS YULI SURYANI NIM. E1012131056

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Karya Mulia Kecamatan Pontianak Kota. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya tenaga medis dan pegawai lamban dalam memberikan pelayanan kepada pasien di Puskesmas Karya Mulia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari: Kepala Puskesmas, Pegawai Bagian Pelayanan, Pegawai Bagian Loket, dan Masyarakat yang menerima layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Puskesmas Karya Mulia Kecamatan Pontianak Kota cukup baik dilihat dari aspek struktur. Hal ini dikarenakan prosedur pelayanan masyarakat di Puskesmas Karya Mulia cukup mudah. Kualitas pelayanan di Puskesmas Karya Mulia Kecamatan Pontianak Kota berdasarkan aspek proses cenderung negatif karena lambannya pelayanan. Hal ini dikarenakan tidak seimbangnya jumlah SDM di Puskesmas Karya Mulia dengan jumlah pasien yang ada, khususnya karena adanya lonjakan pasien setelah BPJS diberlakukan. Aspek keluaran pada pelayanan masyarakat di Puskesmas Karya Mulia Kecamatan Pontianak Kota cukup optimal karena didukung dengan efektififitas proses pelayanan dokter, perawat dan profesi kesehatan lainnya dalam menjalankan tugas yang terkait dengan tanggung jawab profesinya. Selain itu, banyak pasien yang cocok berobat di Puskesmas Karya Mulia Kecamatan Pontianak Kota  karena mereka sembuh setelah mendapatkan pengobatan di puskesmas tersebut. Akan tetapi, kualitas pelayanan Puskesmas berdasarkan aspek proses cenderung negatif karena lambannya pelayanan. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah pihak Puskesmas Karya Mulia Kecamatan Pontianak Kota diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Hal ini dapat dilakukan oleh Puskesmas Karya Mulia Kecamatan Pontianak Kota  misalnya dengan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pegawai maupun melengkapi sarana prasaran serta fasilitas fisik yang lebih memadai.

 

Kata-kata Kunci : Kualitas,  Pelayanan,  Puskesmas Karya Mulia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v7i1.1878

Article Metrics

Abstract view : 1859 times
PDF - 1741 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696