KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN SUNGAI BELIUNG KECAMATAN PONTIANAK BARAT
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran objektif mengenai kualitas pelayanan Surat keterangan Kependudukan (KK dan KTP) sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, dengan tujuan untuk menggambarkan dan menganalisis keandalan (Realibility), kesanggupan (Responsiveness), dan perhatian (Emphaty) petugas pelayanan Surat Keterangan Kependudukan (KK dan KTP) sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Realibility atau kemampuan dan keandalan menyediakan pelayanan terlihat belum terparcaya. dan munculnya diskriminasi dalam pelayanan, sehingga masyarakat yang dilayani timbulnya respon kurang percaya; 2) Responsiveness atau kesanggupan membantu dan menyediakan pelayanan yang dilakukan petugas dapat dinilai kurang cepat, tepat serta tanggap; 3) Empaty petugas dalam memberikan pelayanan kurang memiliki sikap tegas yang penuh perhatian terhadap masyarakat, seperti kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan masyarakat Berdasarkan simpulan tersebut, dalam penelitian ini dapat disarankan kepada petugas Kelurahan Sungai Beliung sebagai berikut: untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui Reliability, responsiveness dan emphaty perlu dilakukan pelayanan dengan cara yang sama sesuai dengan jadwal yang telah dijanjikan, tanpa melakukan kesalahan setiap kali. Menyediakan pelayanan secara cepat, tepat serta tanggap terhadap keinginan konsumen dan harus memiliki sikap yang penuh perhatian dan membantu pelanggan dengan proses kerja yang cepat dan semua ini, harus dimunculkan memahami isi hati dan harapan masyarakat.
Kata-kata kunci: Kualitas, Pelayanan, Pubik, Kependudukan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v7i2.1894
Article Metrics
Abstract view : 2280 timesPDF - 1965 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696