KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SEGEDONG KABUPATEN MEMPAWAH

EVA MEINTARI NIM. E1012131036

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik terkait pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelayanan yang lama dan tidak adanya kepastian waktu penyelesaian, kurangnya informasi mengenai prosedur layanan dan persyaratan pelayanan, kurangnya ketanggapan petugas terhadap keluhan masyarakat tentang waktu pelayanan, kurangnya keramahan petugas dalam memberikan pelayanan dan terbatasnya jumlah pegawai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fitzsimmons (dalam Sinambela,dkk 2014:7) yaitu Reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (keyakinan), empathy (empati) dan tangibles (bukti fisik). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini dilihat dari indikator reliability yaitu pelayanan publik yang dimiliki sudah baik kepada masyarakat sehingga dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Selanjutya pelayanan publik di kecamatan Segedong jika dilihat dari indikator responsiveness dapat dikatakan sudah baik, karena petugas tanggap akan keperluan masyarakat karena tuntutan dari camat segedong yang menekankan pentingnya memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Selanjutnya jika dilihat dari indikator assurance, menunjukkan bahwa pelayanan publik pada indokator assurance, sudah baik terbukti dengan informasi yang diberi oleh petugas kepada masyarakat yang belum memenuhi persyaratan yang harus dibawa petugas memberitahukan kepada masyarakat. Selanjutnya jika dilihat dari indokator empathy, menunjukkan bahwa pelayanan sudah baik dengan tidak adanya ditemukannya keluhan baik dari pegawai maupun masyarakat. Selanjutnya jika dilihat dari indikator tangibles, menunjukkan bahwa pelayanan sejauh ini masih kurang dan perlu dilengkapi oleh pihak terkait.

 

Kata-kata Kunci : Kualitas Pelayanan Publik, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Dan Tangibles.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v7i3.2119

Article Metrics

Abstract view : 1674 times
PDF - 1499 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696