KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN KEPADA IBU HAMIL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN SEKADAU PADA TAHUN 2017
Abstract
Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Kepada Ibu Hamil di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sekadau Pada Tahun 2017 dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil. Rumusan permasalahan ini adalah Bagaimana kelengkapan sarana dan prasarana, kedisiplinan, kesopanan dan keramahan kepada ibu hamil dirumah sakit umum daerah Kabupaten Sekadau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan sebagai alat analisis adalah teori pelayanan menurut Ratminto dan Winarsih yaitu: kelengkapan sarana dan prasarana, kedisiplinan, kesopanan dan keramahan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sekadau belum optimal dikarenakan pelayanan terhadap ibu hamil yang belum sesuai standar, ketetapan waktu pelayanan dan sarana yang masih kurang sehingga perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah. Berdasarkan hasil dari penelitian maka saran untuk penelitian ini adalah sarana dan prasarana yang belum lengkap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sekadau sebaiknya dilengkapi agar mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal lagi dan memberikan pelayanan dengan sopan dan ramah kepada pasien. Selain itu sebaiknya pihak rumah sakit juga menyediakan tim pengawas guna mengawasi para petugas kesehatan agar lebih disiplin dalam bekerja.
Kata Kunci :Kualitas, Pelayanan Kesehatan
ABSTRACT
This study aimed to describe and analyze the Quality of Services to Pregnant Women in General Hospital (RSUD) of Sekadau district in 2017. As well as to find out the constraints experienced in providing helath service to pregnant women. The formulation of this problem is the completeness of facilities and infrastructure, discipline, courtesy and friendliness to pregnant women in the Sekadau district general hospital. The research method used was a qualitative method with the type of descriptive research. The theory used as an analysis tool was service theory according to Ratminto and Winarsih, such as the completeness of facilities and infrastructure, discipline, courtesy and friendliness. The results show that the quality of medical personnel services at the Sekadau District General Hospital was not optimal due to services that were not in accordance with standars. Additionally, the timeliness of services and facilities were still lacking so that it needed to get the attention from the government. Based on the results of the study, the suggestions generated from this research are the incomplete facilities and infrastructure in Sekadau District Hospital should be addressed in order to be able to provide more maximum health services and provide services politely and friendly to patients. In addition, the hospital should also provide a supervisory team to supervise health workers to be more disciplined in working.
Keywords : Quality, Health Service
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v8i3.2490
Article Metrics
Abstract view : 2126 timesPDF - 2343 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696