KUALITAS PELAYANAN KANTOR AREA PEGADAIAN KOTA PONTIANAK

E1011151083 Dendra Yudhistira, Sugito Sugito, Martinus Martinus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada Kantor Area Pegadaian Pontianak. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu lamanya waktu yang diperlukan untuk melakukan pinjaman uang, masih sulitnya penggunaan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS), dan karena pengguna aplikasi PDS masih sedikit maka masih banyaknya nasabah yang datang ke outlet untuk mengantri dalam melakukan transaksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti ingin menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada Kantor Area Pegadaian Pontianak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori dari Moenir, 2010: 88-119 yang mengungkapkan bahwa terdapat 6 faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu: (1) faktor kesadaran (2) faktor aturan (3) faktor organisasi (4) faktor kemampuan dan keterampilan (6) faktor sarana pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi

Pendidikan dalam Upaya

Peningkatan Profesionalisme

Tenaga Kependidikan. Bandung:

CV Pustaka Setia.

Denzin & Lincoln (1994, 2000, 2005,

dalam karya The SAGE

Handbook of Qualitative Research.

Dikutip oleh John W. Creswell

(2013, hlm 58. Edisi ke-3, cet. 1)

dalam buku yang berjudul

“Penelitian Kualitatif dan Desain

Penelitian Riset”. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Duadji, Noverman. 2013. Manajemen

Pelayanan Publik (Wacana

Konsep,Teori dan Problema

Pelayanan Publik). Bandar

Lampung: Universitas Lampung.

Harbani, Pasolong. 2013.Kepemimpinan

Birokrasi. Bandung : CV.Alfabeta

Mahmudi. 2010. Manajemen kinerja

sektor publik. Yogyakarta: UPP

STIM YKPN

Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan

Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2013.

Manajemen Pelayanan. Yogyakarta

: Pustaka Belajar.

Republik Indonesia. Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 25

Tahun 2009 tentang Pelayanan

Publik

Santosa, Pandji. 2009. Adimnistrsi Publik:

Teori dan Aplikasi Good

Goverrnance. Refika Asitama:

bandung.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya

Manusia dan Produktivitas Kerja.

Bandung: CV Mandar Maju.

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011.

Reformasi Pelayanan Publik.

Jakarta: Bumi Aksara

Soehartono, Irawan. 2004. Metode

Penelitian Sosial. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v9i1.2750

Article Metrics

Abstract view : 1628 times
PDF - 1977 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696