PELAYANAN AIR BERSIH OLEH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

E1012151009 Edi Mansyah Manzani, Dedi Kusnadi, Hairil Anwar

Abstract


Skripsi ini membahas tentang pelayanan air bersih yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis Pelayanan Air Bersih Oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Kotler dan Keller (2010:56) dalam dimensi kualitas pelayanan publik harus memenuhi aspek-aspek sebagai berikut : 1)bukti langsung (tangible) kesimpulanya adalah sudah terpenuhinya sarana dan prasarana untuk mendukung kerja pegawai dan kenyamanan konsumen atau pelanggan. Namun secara nyata pelayanan PDAM masih kurang dikarenakan air masih sulit disalurkan kepada konsumen hal ini disebabkan oleh kemacetan dan kebocoran pipa sehangga terhambatnya pelayanan; 2) kehandalan (reliability), kesimpulanya adalah dari segi kecepatan pegawai dalam merespon masalah atau keluhan pelanggan yang masih kurang cepat sehingga pelanggan masih sering menunggu apakah air telah dialirkan oleh PDAM; 3)daya tanggap (responsiviness), kesimpulanya adalah pegawai pdam masih kurang tanggap dalam menangani keluhan pelanggan sehingga pelanggan masih sering menunggu apakah masalah yang dilaporkan telah ditangani atau belum

Full Text:

PDF

References


Astuti, n. (2014). Penyediaan air bersih oleh perusahaan daerah air minum (PDAM) kota sangatta kabupaten kutai timur. Journal administrasi negara, 3(2), 678-689.

Asrida, W., &Aswandi, R. (2014). Peran Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Tirta Indra MemberikanPelayanandalamPenyediaan Air Bersih di KecamatanRengatKabupaten Indragiri Hulu. (Doctoral dissertation, Riau University).

Henriquez,1984.Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Jakarta. Jakarta: 3 Serangkai.

Irnani, z. A., & purwanto, p. (2017). Manajemen penyediaan air bersih di Perusahaan daerah air minum (PDAM) kabupaten wonosobo. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran-s1, 6(1), 65-77.

Kuhu, f., dilapanga, a. R., & mantiri, j. (2019). Pelayanan perusahaan daerah air minum dalam penyediaan air bersih di kecamatan pasan kabupaten minahasa tenggara. Jurnal kajian kebijakan dan ilmu administrasi negara (jurnal administro), 1(1).

Kodoatie,Robert.2003.ManajemendanRekayasaInfrastruktur.Yogyakarta:PustakaPelajar.

Mbusa, h. T. P. Manajemen Pelayanan Air Bersih Di Desa Maropokot Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mahmudi, 2010.Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Erlangga.

Moenir, H.A.S, 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: BumiAksara.

Nugroho, s. A. (2017). Peran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Penyediaan Air Bersih Di Kecamatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 416/ MENKES/IX/1990 tentang Air Bersih.

Pitojo, Setijo. 2003. Deteksi Pencemaran Air Minum. Aneka Ilmu. Semarang-Demak.

Sasongko, Djoko, 1991. Teknik Sumber Daya Air. Jakarta: Erlangga.

Saputro, H. E. (2011). Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Makmur Kabupaten Sukoharjo.

Sinambela, Lijan Poltak dkk, 2005.Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D: Alfabeta,Bandung.

Suripin. 2002. Pelestarian Sumber Daya Tanah dan Air. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutrisno, Totok, 2004. Penyediaan Air Minum. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. 2009. Service Management. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Wulandari, N. S. A. (2019). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Penyedia Air Bersih Oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Kabupaten Ciamis




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v9i3.2796

Article Metrics

Abstract view : 1927 times
PDF - 2468 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696