KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI BIDANG AKADEMIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Yuliana Yuliana, Ida Rachawati, Agus Eka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi akademik Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis
deskriptif.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.Penelitian ini
mengunakan teori Zeithaml dkk (2011:46-47) menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan
administrasi akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura sudah cukup
optimal. Kondisi ini dilihat dari berbagai aspek. Hasil penelitian adalah : (1) fisik (tangible), Bagian
pelayanan administrasi akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura sudah
memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa. (2)
kehandalan (reliability), Mahasiswa merasa puas dengan pelayanan yang di berikan karena kehandalan
petugas pelayanan dalam menangani setiap keluhan mahasiswa, handal dalam segi waktu dan ketepatan
proses pelayanan (3) daya tanggap (responsiveness), petugas dalam hal kemampuan berkomunikasi yang
ada sudah sangat membantu pelayanan bagi mahasiswa yang bingung dengan pelayanan (4) jaminan
(assurance), faktor keamanan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura telah
memberikan rasa aman bagi mahasiswa yaitu dengan menempatkan Satuan Pengamanan dan fasilitas
CCTV disetiap sudut kampus.(5) empati (empathy), Empatiyang diberikan petugas pelayanan
administrasi akademik memberikan kesan yang menyenangkan karena adanya sikap petugas yang
proaktif dalam menjelaskan prosedur pelayanan dan menerima kritik mapun saran dengan sepenuh hati
sebagai interopeksi untuk layanan yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Atep Adya Barata. 2003. Dasar – Dasar

Pelayanan Prima. Jakarta : Yudhistira

Amirin, 2000.Metode Penelitian Sosial.

Jakarta: Grasindo.

Creswell, John C. 2010. Research Design –

Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

Mixed (terjemahan), edisi ketiga,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Goetsh dan Davis. 1994. Pelayanan organisasi

dan managemen, Jakarta: Rineka Cipta

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan

Publik. Yogyakarta : Gava Media

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan.

Jakarta : Kencana Prenada Media

Group.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi

Penelitaian Kualitataif. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Lembaga Administrasi Negara.2004.System

Administrasi Negara Kesatuan Republik

Indonesia (SANKRI); Dalam landasan

dan pedoman pokok penyelenggaraan

dan pengembangan system administrasi

negara

Moenir H.A.S. 2002. Manajemen Kantor.

Jakarta : Yudhistira

____________.2006. Manajemen

Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta :

Bumi Aksara

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2007.

Manajemen Pelayanan. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa.

Yogyakarta : Andi

Yamit, Zulian. 2005 .Manajemen Kualitas

Produk dan Jasa. Edisi Pertama, cetakan

keempat. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia

Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Achmat Batinggi. 1999. Manajerial

Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Good

Governace Melayani Publik.

Yogyakarta: UGM Press.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami

Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka

Cipta.

Eny Kusdarini. 2011. Dasar – Dasar Hukum

Administrasi Negara dan Asas – Asas

Umum Pemerintahan yang Baik.

Yogyakarta: UNY Press.

Hardiyabsyah. 2011. Kualitas Pelayanan

Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan

Implementasinya. Yogyakarta: Gava

Media.

H.A.S Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan

Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi

Aksara.

Inu Kencana Syafiie. 1999. Ilmu Administrasi

Publik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i2.2841

Article Metrics

Abstract view : 2113 times
PDF - 1822 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696