KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI BIDANG AKADEMIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi akademik Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis
deskriptif.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.Penelitian ini
mengunakan teori Zeithaml dkk (2011:46-47) menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan
administrasi akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura sudah cukup
optimal. Kondisi ini dilihat dari berbagai aspek. Hasil penelitian adalah : (1) fisik (tangible), Bagian
pelayanan administrasi akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura sudah
memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa. (2)
kehandalan (reliability), Mahasiswa merasa puas dengan pelayanan yang di berikan karena kehandalan
petugas pelayanan dalam menangani setiap keluhan mahasiswa, handal dalam segi waktu dan ketepatan
proses pelayanan (3) daya tanggap (responsiveness), petugas dalam hal kemampuan berkomunikasi yang
ada sudah sangat membantu pelayanan bagi mahasiswa yang bingung dengan pelayanan (4) jaminan
(assurance), faktor keamanan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura telah
memberikan rasa aman bagi mahasiswa yaitu dengan menempatkan Satuan Pengamanan dan fasilitas
CCTV disetiap sudut kampus.(5) empati (empathy), Empatiyang diberikan petugas pelayanan
administrasi akademik memberikan kesan yang menyenangkan karena adanya sikap petugas yang
proaktif dalam menjelaskan prosedur pelayanan dan menerima kritik mapun saran dengan sepenuh hati
sebagai interopeksi untuk layanan yang lebih baik.
Full Text:
PDFReferences
Atep Adya Barata. 2003. Dasar – Dasar
Pelayanan Prima. Jakarta : Yudhistira
Amirin, 2000.Metode Penelitian Sosial.
Jakarta: Grasindo.
Creswell, John C. 2010. Research Design –
Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan
Mixed (terjemahan), edisi ketiga,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Goetsh dan Davis. 1994. Pelayanan organisasi
dan managemen, Jakarta: Rineka Cipta
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan
Publik. Yogyakarta : Gava Media
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan.
Jakarta : Kencana Prenada Media
Group.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi
Penelitaian Kualitataif. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Lembaga Administrasi Negara.2004.System
Administrasi Negara Kesatuan Republik
Indonesia (SANKRI); Dalam landasan
dan pedoman pokok penyelenggaraan
dan pengembangan system administrasi
negara
Moenir H.A.S. 2002. Manajemen Kantor.
Jakarta : Yudhistira
____________.2006. Manajemen
Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta :
Bumi Aksara
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2007.
Manajemen Pelayanan. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa.
Yogyakarta : Andi
Yamit, Zulian. 2005 .Manajemen Kualitas
Produk dan Jasa. Edisi Pertama, cetakan
keempat. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia
Kampus Fakultas Ekonomi UII.
Achmat Batinggi. 1999. Manajerial
Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Good
Governace Melayani Publik.
Yogyakarta: UGM Press.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami
Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka
Cipta.
Eny Kusdarini. 2011. Dasar – Dasar Hukum
Administrasi Negara dan Asas – Asas
Umum Pemerintahan yang Baik.
Yogyakarta: UNY Press.
Hardiyabsyah. 2011. Kualitas Pelayanan
Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan
Implementasinya. Yogyakarta: Gava
Media.
H.A.S Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan
Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi
Aksara.
Inu Kencana Syafiie. 1999. Ilmu Administrasi
Publik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i2.2841
Article Metrics
Abstract view : 2113 timesPDF - 1822 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696