EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR SECARA ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS II TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) SAMBAS
Abstract
Penelitian ini menggunakan teori faktor yang mempegaruhi efektivitas kerja pegawai oleh Richard M. Steers 1985:8 (dalam Khaerul Umam 2012:350) yang terdiri dar 1) Karakteristik Organisasi. Dalam penempatan pegawai sudah sesuai dengan kualifikasi pendidikan. Adapun yang menjadi penghambat kerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaan yaitu server pengaplikasian data masih sering terjadi error; 2) Karakteristik Lingkungan. Banyaknya broker yang mengatasnamakan pegawai membuat pegawai kebingungan. Selain itu, peralatan penunjang kerja yang masih minim juga menjadi penghambat kerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaan; 3) Karakteristik Pekerja. Hubungan kerja sesama pegawai sudah terjalin sangat baik. Akan tetapi masih ada pegawai yang tidak menjaga kode etik dan perilaku saat melaksanakan pekerjaan; 4) Karakteristik Kebijaksanaan dan Praktek Manajemen. Peranan KAKANIM sebagai pemimpin sudah sangat cukup baik, hal ini dapat dilihat dari pengawasan yang dilakukan kakanim kepada bawahannya. Selain itu, Kakanim sambas juga memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu memotivasi pegawai. Adapun saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan pengawasan lansung maupun tidak langsung dan meningkatkan kegiatan sosiaisasi kepada masyarakat.
Kata Kunci: Efektivitas, Kerja Pegawai, Pelayanan Paspor, Kantor ImigrasiFull Text:
PDFReferences
Adya, Atep. 2004. Dasar-Dasar pelayanan prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Bungin, Burhan. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia
Dwiyanto, Agus. 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi
Pelayanan Publik. Yogyakarta:
Pembaruan.
Lukman, Sampara. 2000. Manajemen
Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Moloeng, Lexy J. 2006. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.
Sedarmayanti. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung : PT. Refika Aditama
Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen
Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.
Simamora. 2006. Manajemen Sumber
Daya Manusia. Jogyakarta: STIE YKPN
Sugiyono, 2017. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta
Umam, Khaerul. 2012. Manajemen Organisasi. Bandung: Pustaka Setia
Yazid, Afandi. 2009. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga
Peraturan Perundang-Undangan
Peraturan UU No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian
Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014
UU No. 8 Tahun 2014 Tentang SOP Pelayanan
Pemerintah Kabupaten Sambas, 2018. Profil Kabupaten Sambas. Sambas.
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, 2018. SOP Pelayanan. Sambas.
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, 2018. Laporan Tahunan. Sambas.
SUMBER SKRIPSI
Rangkuti, A.W. 2017. Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Secara Online (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan). Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara Medan.
SUMBER INTERNET
Dharmawan, Anas. 2015. Pengertian Efektivitas adalah: Kriteria, Aspek, dan Contoh Efektivitas. Diakases pada tanggal 15 Desember 2017
https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-efektivitas.html
http://feuniversitaswiralodra.blogspot.co.id/2009/10/pengertian-dan-ruang-lingkup-manajemen.html ( diakses tanggal 25 mei 2018 )
https://sambas.go.id/profile-daerah/pemerintahan/kondisi-umum.html (diakses tanggal 25 mei 2018 )
http://rocketmanajemen.com/20-definisi-manajemen-menurut-para-ahli/ (diakses tanggal 25 mei 2018)
Sukmana, Yoga. 2018. “Layanan Paspor Terganggu Karena Ada 72.000 Permohonan Fiktif.” Kompas.com, 8 Januari 2018. https://nasional.kompas.com/read/2018/01/08/10455831/layanan-paspor-terganggu-karena-ada-72000-permohonan-fiktif
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i3.2861
Article Metrics
Abstract view : 482 timesPDF - 333 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696