EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR SECARA ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS II TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) SAMBAS

SAPARUDIN SAPARUDIN E1011161160, Azrita Mardhalena, Martinus Martinus

Abstract


Penelitian ini menggunakan teori faktor yang mempegaruhi efektivitas kerja pegawai oleh Richard M. Steers 1985:8 (dalam Khaerul Umam 2012:350) yang terdiri dar 1) Karakteristik Organisasi. Dalam penempatan pegawai sudah sesuai dengan kualifikasi pendidikan. Adapun yang menjadi penghambat kerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaan yaitu server pengaplikasian data masih sering terjadi error; 2) Karakteristik Lingkungan. Banyaknya broker yang mengatasnamakan pegawai membuat pegawai kebingungan. Selain itu,  peralatan penunjang kerja yang masih minim juga menjadi penghambat kerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaan; 3) Karakteristik Pekerja. Hubungan kerja sesama pegawai sudah terjalin sangat baik. Akan tetapi masih ada pegawai yang tidak menjaga kode etik dan perilaku saat melaksanakan pekerjaan; 4) Karakteristik Kebijaksanaan dan Praktek Manajemen. Peranan KAKANIM sebagai pemimpin sudah sangat cukup baik, hal ini dapat dilihat dari pengawasan yang dilakukan kakanim kepada bawahannya. Selain itu, Kakanim sambas juga memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu memotivasi pegawai. Adapun saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan pengawasan lansung maupun tidak langsung dan meningkatkan kegiatan sosiaisasi kepada masyarakat.

Kata Kunci: Efektivitas, Kerja Pegawai, Pelayanan Paspor, Kantor Imigrasi

Full Text:

PDF

References


Adya, Atep. 2004. Dasar-Dasar pelayanan prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Bungin, Burhan. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia

Dwiyanto, Agus. 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi

Pelayanan Publik. Yogyakarta:

Pembaruan.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen

Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Moloeng, Lexy J. 2006. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Sedarmayanti. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung : PT. Refika Aditama

Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen

Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.

Simamora. 2006. Manajemen Sumber

Daya Manusia. Jogyakarta: STIE YKPN

Sugiyono, 2017. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta

Umam, Khaerul. 2012. Manajemen Organisasi. Bandung: Pustaka Setia

Yazid, Afandi. 2009. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan UU No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian

Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014

UU No. 8 Tahun 2014 Tentang SOP Pelayanan

Pemerintah Kabupaten Sambas, 2018. Profil Kabupaten Sambas. Sambas.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, 2018. SOP Pelayanan. Sambas.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, 2018. Laporan Tahunan. Sambas.

SUMBER SKRIPSI

Rangkuti, A.W. 2017. Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Secara Online (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan). Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara Medan.

SUMBER INTERNET

Dharmawan, Anas. 2015. Pengertian Efektivitas adalah: Kriteria, Aspek, dan Contoh Efektivitas. Diakases pada tanggal 15 Desember 2017

https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-efektivitas.html

http://feuniversitaswiralodra.blogspot.co.id/2009/10/pengertian-dan-ruang-lingkup-manajemen.html ( diakses tanggal 25 mei 2018 )

https://sambas.go.id/profile-daerah/pemerintahan/kondisi-umum.html (diakses tanggal 25 mei 2018 )

http://rocketmanajemen.com/20-definisi-manajemen-menurut-para-ahli/ (diakses tanggal 25 mei 2018)

Sukmana, Yoga. 2018. “Layanan Paspor Terganggu Karena Ada 72.000 Permohonan Fiktif.” Kompas.com, 8 Januari 2018. https://nasional.kompas.com/read/2018/01/08/10455831/layanan-paspor-terganggu-karena-ada-72000-permohonan-fiktif




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i3.2861

Article Metrics

Abstract view : 482 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696