ANALISIS DYNAMIC GOVERNANCE DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN INOVASI PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis proses implementasi kebijakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak dalam perspektif tata kelola pemerintahan dinamis (dynamic governance). Permasalahan dalam implementasi kebijakan inovasi pelayanan ini menarik untuk diteliti, karena masih ditemukannya masalah seperti tidak tersedianya standar operasional prosedur (SOP) resmi, kendala teknis down server pada media pelayanan online, dan dilakukan reduksi (pengurangan) jumlah pelayanan untuk mengantisipasi hambatan teknis pelayanan online. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan mendeskripsikan fenomena berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, studi pustaka dan data yang dianggap relevan. Hasil penelitian menemukan inovasi pelayanan administrasi kependudukan dalam aktivitas pengorganisasian masih terkendala dengan keterbatasan jumlah kuantitas sumber daya pelaksana bidang teknologi informasi (TI) untuk sarana dan prasarana pelayanan sudah mendukung untuk pelaksanaan pelayanan online, pada aktivitas interpretasi pemahaman pelaksana terkait substansi kebijakan sudah dapat dikatakan baik, hanya saja kurangnya sosialisasi kepada masyarat, aktivitas aplikasi menjelaskan bagaimana aktivitas itu masih kaku dan rigid dan kurang preventif, kemudian pemecahan masalah teknis yang kurang antisipatif sekalipun terhadap aktivitas rutin organisasi.
Kata Kunci: Administrasi Penduduk, Inovasi Pelayanan, Dynamic Governance, Disdukcapil, Kebijakan Publik.
Full Text:
PDFReferences
Buku:
Agus M. Hardjana. 2003. Komunikasi intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Abdul Wahab,Solichin,1997, Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Keimplementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara
Abidin, Said Zainal, (2004). Kebijakan Publik, Jakarta: Pancar Siwah.
Agustino, Leo, 2014, Dasar-dasar Kebijakan Publik, Bandung : Alfabeta.
Anggara, S., Alfiah, S., Farida, A.S. dan Muslim, J. 2020. Inovasi Kebijakan Publik Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Jawa Barat. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.
Azwar, S. 1988. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Hayat, 2018. Kebijakan Publik : Manajemen Pelayanan Publik, Depok : Fajar Interpratama Mandiri
Huraerah,Abu, 2019, Kebijakan Perlindungan Sosial : Teori dan Aplikasi Dynamic Governance, Bandung : Nuansa Cendekia
Hewlett, Michael & M. Ramesh. 2003 . Studying Public Policy : Policy Cycles and Policy Subsystems. Oxford: University Press
Heywood, Andrew. 2004. Political Theory: an introduction, New York: PalgraveMacmilan
Jones, Charles O. 1994. Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy), Terjemahan Rick Rismanto, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Kazim, Azhar, dkk. 2015, Merekonstruksi Indonesia : Sebuah Perjalanan Menuju Dynamic Governance, Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara
Moleong, Lexy J, 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
--------------------, 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Neo, Boon Siong & Chen,G,2007. Dynamic Governance Embedding Culture, Capabilities and Change in Singapore. Singapura: World Scientific Publishing.
Newman.Lawrence W, Sosial Research Methode Qualitative and quantitative Approach, Boston, Allyn and Bacon: 2000
Nugroho Riant D, 2004. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan
Evaluasi. PT Elax Media Komputindo. Jakarta
Saparita, R. et.al. 2015. Membangun Inovasi untuk Kesejahteraan Masyarakat. Jakarta: Lipi Press.
Subarsono,2015, Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.
Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN.
Winarno, Budi. 2008. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Jakarta: PT Buku Kita.
Sumber Perundangan-undangan:
Peraturan Republik Indonesia.2013. Undang-Undang No. 24/2013 Tentang Perubahan Undang-Undang No. 23/2006 Tentang Administrasi Kependudukan
Peraturan Republik Indonesia.2009. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Melalui Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Nomor. 443.1/2978/Dukcapil, 16 Maret 2020, Pelayanan Adminduk Dan Pencegahan Covid-19.
Surat Edaran Wali Kota Pontianak Nomor 41/DISDUKCAPIL/TAHUN2020, 22 Juli 2020, Pemberitahuan Hasil Perubahan Pelayanan Dokumen Kependudukan.
Peraturan Wali Kota Pontianak Nomor 67 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Struktur Organisasi,Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas Dan Tata Kerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak.
Peraturan Wali Kota Pontianak Nomor 48 Tahun 2017 Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Administrasi Kependudukan Kota Pontianak.
Peraturan Wali Kota Pontianak Nomor 68 Tahun 2019 Tentang Ruang Lingkup Dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan Dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik
Peraturan Republik Indonesia.2019. Peraturan Menteri Dalam Negeri No.7/2019 Tentang Pelayanan Adminduk Secara Daring.
Peraturan Republik Indonesia .2019. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 96/2019 Tentang Pendataan Dan Penerbitan Dokumen Kependudukan Bagi Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan.
Jurnal:
Ikhsan,K., Samin,R., & Akhyary,E. (2020). Implementasi Dynamic Governance Dalam Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kota Batam. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, Vol.7, No.3, Desember 2020.
Pajri, Endar Heryan. (2017). Analisis Pelayanan Publik Dalam Persfektif Dynamic Governance (Studi Tentang Kapabilitas Dinamis Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Paspor). Jurnal Administrasi Negara, Universitas Airlangga.
Rahman, A. dan B. R. (2019). Penataan Pengelolaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Melalui Dynamic Governance. Jurnal Konstituen, Vol.1. No.1, Februari 2019.
Sururi,Ahmad., Dkk. (2019). Dynamic Governance Dalam Implementasi Program Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rtlh) Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (Mbr) Di Kota Serang. Jurnal Konferensi Nasional Ilmu Administrasi. Vol.3, No.1.
Matondang, Z. 2009. “Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian”. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1):87-97. Diakses Desember 12, 2019. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/705.
Mazidah, Alifatu Lela.,Dkk. (2019). Analisis Dynamic Governance Pada Program Layanan Layad Rawat Di Dinas Kesehatan Kota Bandung. Jurnal Spirit Publik. Vol.14. No.2. Hal 154-163. 2019.
Ponto, Auldrin M., Pioh, Novie R.,& Tasik,F. (2016). Implementasi Kebijakan Program Pembangunan Berbasis Lingkungan Membangun Prasarana Fisik, Sosial dan Ekonomi Di Kelurahan Karombasan Selatan Kecamatan Wanea Kota Manado. Jurnal Ilmu Sosial dan Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan. Vol.3. Januari 2016.
Kurniawan, Robi Cahyadi. (2016). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Jurnal Fiat Justisia. Vol.10. No.3. September 2016.
Kaufmann Daniel, AartKraay, dan Massimo Mastruzzi (2004). Governance Matters III; Governance Indicators for 1996, 1998, 2000 and 2002,”World Bank Economic Review. Vol 18.
I Putu, Dharmanu. (2017). Modernisasi dan Inovasi dalam Pelayanan Publik Melalui E-Government di Kota Denpasar. Jurnal ADHUM. Vol. VII. No.2. Juli 2017.
M.Tahir, Muchlas.,Nahruddin Zulfan. (2020). Kapabilitas Dynamic Governance Dalam Optimalisasi Pengelolaan Lahan Terbuka Hijau Di Kota Makassar. Jurnal of Government and Politics. Vol.2. No.2. 2020.
Vani, Vio Resa. (2021). Dynamic Capabilities Dalam Demokratisasi Pelayanan Publik Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Publicuho. Vol.4. No.1. April 2021.
Aminullah. (2015). Dynamic Governance (Kerangka Konseptual: Melembagakan Budaya, Kapabilitas, Dan Perubahan). Jurnal Kebangsaan. Vol.9. No.1. 2015.
Sumber Lainnya :
Zuhro,Siti. 2020. “Perspektif Sosial tentang PSBB, Kenormalan Baru, dan Dampak Mobilitas Penduduk” http://lipi.go.id/berita/perspektif-sosial-tentang-psbb-kenormalan-baru-dan-dampak-mobilitas-penduduk/22060, diakses pada tanggal 2 Januari 2021, Pukul 23.43.
Wiryanto, Wisber. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v11i1.2931
Article Metrics
Abstract view : 870 timesPDF - 1137 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696