KUALITAS PELAYANAN BAGIAN PENGADUAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA KHATULISTIWA KOTA PONTIANAK

SUPANDI NIM. E21110031

Abstract


Permasalahan yang ada pada PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak yaitu : Air bersih yang diproduksi oleh PDAM di Kecamatan Pontianak Selatan sering tidak mengalir, lambannya penindaklanjutan keluhan pelanggan yang tidak sesuai dengan SOP yang berlaku yaitu 2-3 hari kerja, dan ketidakmerataan distribusi air bersih kerumah pelanggan. Teori yag digunakan adalah Sinambella (2006 : 6), dan poin-poinnya yaitu: Akuntabilitas, Transparansi, Keseimbagan antara hak dan kewajiban dengan menggunaka metode penelitian secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa akuntabilitas pelayanan bagian pengaduan pelanggan kurang memuaskan, karena tidak semua keluhan pelanggan langsung ditanggapi bahkan ada sebagian keluhan pelanggan yang tidak mendapatkan tindak lanjut, penindaklajutan keluhan pelanggan cenderung lamban dn tidak sesuai dengan SOP yang berlaku, dan tidak meratanya pendistribusian air bersih kerumah pelanggan. Sarannya yaitu setiap pegawai harus bekerja dengan baik sesuai dengan tugasnya masing-masing sehingga terciptanya pelayanan yang berkualitas, kepastian waktu penyelesaian pelayanan bagian pengaduan pelanggan hendaknya selalu diinformasikan secara jelas dan apa adanya, dan mengenai pendistribusian air bersih harus disamaratakan tanpa memadang status sosial, agama, ras, dan lain sebagainya.

Kata-kata Kunci:   Kualitas Pelayanan, Akuntabilitas, Transparansi, Keseimbangan Hak dan Kewajiban


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v3i4.490

Article Metrics

Abstract view : 2757 times
PDF - 1840 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696