PELAYANAN JEMA’AH HAJI DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalahkemampuan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Provinsi Kalimantan Barat dalam melaksanakan tugas seringkali masih menerapkan pelayanan standar, seperti pemberian pelayanan hanya berdasarkan pada petunjuk pelaksana sehingga kecenderungan yang terjadi lemahnya kreatifitas dan aktifitas pegawai terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi. Disamping itu, tugas dan fungsi masing-masing panitia atau seksi kepanitiaan yang ada, pelayanan haji belum menerapkan secara maksimal pelayanan prima, baik dalam hal pelayanan kepada jemaah, serta kurangnya pengawasan yang dilakukan, sehingga sangat berpengaruh pada kualitas kinerja dalam melakukan pelayanan kepada jemaah.Teori yang digunakan mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Sinambela, dkk, (2006:4-5).Bahwa hakekatnya pelayanan dilakukan karena bertujuan, agar kepuasan para penerima pelayanan dapat terpenuhi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif terhadap kinerja Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menyelidiki obyek yang tidak dapat diukur dengan angka-angka ataupun ukuran lain yang bersifat eksak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah dalam melaksanakan pelayanan haji di Provinsi Kalimantan Barat kurang maksimal dalam pelayanan kepada jema’ah haji, walaupun didukung dengan adanya peran Biro Kesejahteraan Sosialselakulembaga yang memiliki kewenangan formal terhadap proses pelayananjema’ah haji di Provinsi Kalimantan Barat. Temuan lainnya juga menunjukkan bahwa hambatan yang dialamidalam proses pelayanan jema’ah haji terjadi pada mekanisme kerja tim PPIHD yang belum sepenuhnya membangun suatu kesepakatan dalam menjalankan pelaksanaan pelayanan yang dilakukan sehingga kendala yang terjadi tidak bisa dihindari dan menghambat proses pelayanan kepada seluruh jem’ah haji yang akan berangkat. Menyikapi fenomena yang ada disarankan penelitian ini adalah perlu peningkatan pola pelayanan prima, sebagai konsekuensi proses reformasi birokrasi pada Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah Kalimantan Barat yang menjadi suatu tuntutan masyarakat khususnya dalam memberikan pelayanan kepada jema’ah haji Kalimantan Barat. Peran Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah Provinsi Kalimantan Barat
Kata-kata kunci : Jemaah Haji, Pelayanan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v4i2.609
Article Metrics
Abstract view : 2049 timesPDF - 1254 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696