KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEGEDONG KECAMATAN SEGEDONG KABUPATEN MEMPAWAH

NURUL FAZRIN NIM. E21110060

Abstract


Kualitas pelayanan yang terjadi pada Puskesmas Segedong Kabupaten Mempawah terkait pelayanan kesehatan kepada pasien masih kurang maksimal.Berdasarkan permasalahan yang ada seperti kurangnya jumlah tenaga kesehatan, kurangnya kualitas tenaga kesehatan dan kurangnya sarana dan prasarana menunjang dalam memenuhi kebutuhan pasien.Menurut Zeithhaml-Parasuraman-Berry kualitas pelayanan dipengaruhi oleh lima dimensi yaitu dimensi tangibles, dimensi reliability, dimensi responsiveness, dimensi assurance dan dimensi emphaty.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang berusaha menggambarkan keadaan objek, suatu kondisi atau lingkungan tertentu dan menganalisis secara umum permasalahan serta fenomena yang terjadi secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensireliability, dimensi assurance, dan dimensi Emphaty sudah terlaksana dengan baik dimana pada dimensi reliability puskesmas telah melaksanakan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan, pada dimensi assurancepegawai puskesmas dalam memberikan informasi kepada pasien tidak dengan marah-marah dan untuk dimensi emphaty petugas puskesmas memiliki kemauan untuk memahami kebutuhan dan menjalin komunikasi yang baik dengan pasien. Sedangkan untuk dimensi tangiblesdan dimensi responsiveness belum terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari dimensi  tangibles kondisi dinding Puskesmas Segedong yang retak dan plafon yang sudah mau lepas selain itufasilitas yang tersedia tidak dimanfaatkan dan kurangnya jumlah tenaga kesehatan pada puskesmas, sedangkan pada dimensi responsiveness pasien masih kurang puas dengan kecepatan pelayanan yang diberikan dan terkesan lamban. Saran dari peneliti terkait dengan kualitas pelayanan yaitu memperbaiki kondisi gedung yang rusak dan membahayakan pegawai dan pasien serta menambah jumlah pegawai agar tujuan dari puskesmas bisa terwujud yaitu kepuasan pasien bisa terpenuhi.

Kata-kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kesehatan, Puskesmas Segedong.

    

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v4i2.624

Article Metrics

Abstract view : 2493 times
PDF - 2587 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696