KINERJA PEGAWAI KANTOR CAMAT LEMBAH BAWANG KABUPATEN BENGKAYANG
Abstract
Pelaksanaan kegiatan administrasi pengukuran kinerja kantor camat lembah bawang masih berlangsung lama dan tidak efektif. Terdapat pegawai yang tidak disiplin dengan datang terlambat, dan keterbatasan fasilitas komputer, listrik negara belum ada hanya menggunakan genset. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisa Kinerja Pegawai Kantor Camat Lembah Bawang dari segi Produktivitas, Kualitas Pelayanan Dan Responsivitas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Berdasarkan atas wawancara dan hasil observasi menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai masih rendah dan belum optimal. Hal ini dinilai dari 3 indikator kinerja yaitu Produktivitas pegawai mengenai Efisiensi atau keberhasilan pelayanan serta Efektifitas pelayanan yang menyangkut teknis, nilai, misi, tujuan organisasi dan fungsinya belum optimal, hal ini disebabkan sumber daya terbatas, sehingga tidak mampu menghendel pekerjaan yang menumpuk. Kualitas Pelayanan atau keberhasilan organisasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat masih belum memuaskan karena terhambatnya kesediaan sarana dan prasarana. Rendahnya Responsivitas atau daya tanggap pegawai dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan pegawai dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, sehingga kinerja pegawai menjadi tidak maksimal. Hal ini menyebabkan pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya masih rendah sehingga berdampak pada kinerja yang masih belum optimal. Diharapkan Kantor Camat Lembah Bawang untuk memperhatikan produktivitas meliputi sumber daya agar bisa efektif dan efisien kinerja pegawainya. Kualitas Pelayanan di tingkatkan melalui sarana dan prasarana seperti komputer, listrik dan Responsivitas bisa ditingkatkan melalui kedisiplinan pegawai, pelatihan sehingga kemampuan serta keterampilan yang dimiliki pegawai meningkat guna kinerja pegawai pada pelayanan administrasi serta mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara baik dan benar.
Kata-kata Kunci : Kinerja, Pegawai, Produktivitas, Kualitas Pelayanan, Responsivitas
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i1.986
Article Metrics
Abstract view : 2125 timesPDF - 1276 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696