KINERJA PELAYANAN DI KANTOR PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI KOTA PONTIANAK
Abstract
Kinerja pelayanan yang diselenggarakan oleh Kantor Arsip Kota Pontianak belum mencerminkan pelayanan prima. Hal ini terlihat dari terbatasnya jumlah sumber daya manusia yang bekerja, dari jumlah personil masih ada pegawai yang tidak menguasai dalam bidang kearsipan dan reliabilitas pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan masih kurang tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Kinerja Pelayanan Di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak khususnya dibidang Seksi Pembinaan dan Pelayanan Arsip dilihat dari ketampakan fisik, reliabilitas, dan kompetensi. Teori yang dipakai Zeithaml, Parasuraman, dan Berry (1990 ) sebagaimana dikutip oleh Ratminto & Atik Septi Winarsih (2014:182-183) yaitu dengan tiga aspek Ketampakan fisik ( tangible ),Reliabilitas (reliability), dan Kompetensi ( competence ) . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, sumber informasi diperoleh melalui wawancara terhadap orang – orang atau informan yang dianggap mengetahui masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pelayanan hanya dikelola oleh 10 orang yang menjabat namun masih dirasakan kekurangan pegawai terutama untuk pembinaan SKPD, pembinaan program kearsipan elektronik dan pengelolaapn arsip sehingga pegawai harus merangkap pekerjaan,disana juga tidak ada security sehinga sering terjadi kehilangan helm, dari jumlah pegawai masih ada pegawai yang belum mengusai bidang kearsipan sehingga bisa menganggu dalam penyelesaian pekerjaan, dan terbatasnya sumber daya manusia yang ada di kantor tersebut juga mempengaruhi ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan sehingga tugas yang diberikan sering tidak selesai dengan tepat waktu. Saran yang dapat diambil dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu seharusnya kinerja pelayanan mampu meningkatkan sumber daya manusia, reliabilitas dan kompetensi lebih diperhatikan lagi di Kantor Arsip Khususnya dibidang Seksi Pembinaan dan Pelayanan Arsip.
Kata-Kata kunci : Kinerja Pelayanan, Ketampakan Fisik, Reliabilitas, dan Kompetensi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i1.994
Article Metrics
Abstract view : 2044 timesPDF - 1322 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696