PERAN GANDA ISTRI PETANI PENYEWA LAHAN DI DESA WAJOK HULU KECAMATAN SIANTAN KABUPATEN MEMPAWAH

ANGGI SURAIDAH NIM. E61112003

Abstract


Skripsi ini dilatar belakangi oleh istri yang memiliki peran ganda tidak hanya mengurus rumah tangga seperti mengurus suami dan anak mereka juga mengurus pekerjaan mereka sebagai petani. Karena peran ganda merupakan dua peran yang dijalankan oleh seorang saja dalam menjalankan suatu tugas yang memang sudah menjadi hal yang dikerjakannya (bekerja) dan juga salah satu peran itu telah menjadi kodrat yang memang telah melekat dari dahulu pada diri dan tanggung jawabnya (ibu rumah tangga) didalam sebuah keluarga.  fokus penelitianya adalah “Peran Ganda Istri Petani Penyewa Lahan di Desa Wajok Hulu Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah”. yang menjadi pertanyaan penelitianya adalah bagaimana pembagian waktu ibu baik di dalam mengurus rumah tangga maupun bertani?. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori peran dan status (kedudukan). Hasil penelitian ini yaitu peran ganda istri dalam rumah tangga terbagi menjadi ; pertama Mengurus keperluan suami dan anak kedua Mengurus kebersihan rumah ketiga Menyediakan makanan keluarga. Peran ganda istri dalam bertani seperti kegiatan penanaman, penyemprotan, pemupukan, penyiangan lahan, pemanenan serta menyewa tanah Karen sebagaian besar di Desa Wajok Hulu para petaninya tidak memiliki lahan/tanah. Kemudian membantu pendapatan keluarga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan seperti ; pertama kebutuhan makan dan perlengkapan sehari-hari, kedua kebutuhan berobat apabila sakit, ketiga kebutuhan pembelian barang danj alat pertanian, keempat kebutuhan untuk arisan, dan kelima kebutuhan untuk bayar hutang. Jadi kesimpulanya dengan pekerjaan tersebut istri harus pandai-pandai membagi waktu untuk anak dan suami (dalam rumah tangga) dan pekerjaan dalam bertani.

 

Kata-kata Kunci :  Peran Istri, Peran Ganda, Rumah Tangga, Bertani.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1024 times
PDF - 502 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02