AKTIVITAS MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNTAN PONTIANAK

SITI JUBAIDAH NIM. E1041141075

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura yang sambil bekerja di bisnis Multi Level Marketing (MLM) PT. Melia Sehat Sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas Multi Level Marketing (MLM) di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan Teori Motivasi dan Teori Fungsionalisme Struktural. Teori Motivasi menyatakan bahwa kebutuhan manusia dapat diklasifikasikan dalam lima hierarki kebutuhan, sedangkan teori fungsionalisme struktural menyatakan bahwa terjadinya disfungsi sebagai sebab negatif dari penyesuaian dalam suatu sistem. Hasil penelitian ini adalah aktivitas bisnis Multi Level Marketing (MLM) PT. Melia Sehat Sejahtera di kalangan mahasiswa yaitu aktivitas yang dilakukan mahasiswa agar lebih mengenal bisnis Melia Sehat Sejahtera, cara menjalankan bisnisnya serta menjadi salah satu aktivitas untuk mendapatkan penghasilan. Motivasi mahasiswa bekerja di bisnis Multi Level Marketing (MLM) yaitu memenuhi kebutuhan ekonomi dengan hidup mandiri dan berpenghasilan tinggi, mendapatkan potongan harga produk kesehatan, mengajarkan kepemimpinan, serta jam kerja yang fleksibel. Dampak yang terjadi terhadap mahasiswa setelah bekerja di bisnis Multi Level Marketing (MLM) terdiri dari dampak positif dan negatif. Jika dikaitkan dengan Teori Motivasi, maka motivasi dari mahasiswa yang bekerja di bisnis Multi Level Marketing (MLM) PT. Melia Sehat Sejahtera memenuhi lima dari hierarki kebutuhan manusia yaitu kebutuhan fisiologi, kebutuhan akan keamanan, kebutuhan sosial (kasih sayang), kebutuhan esteem (harga diri) serta kebutuhan untuk aktualisasi diri. Sedangkan jika dikaitkan dengan Teori Fungsionalisme Struktural, maka dampak negatif yang terjadi terhadap mahasiswa yang bekerja di bisnis Multi Level Marketing (MLM) merupakan suatu difungsi sebagai sebab negatif dari penyesuaian terhadap pekerjaannya.

Kata-kata Kunci : Aktivitas, Motivasi, Dampak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1143 times
PDF - 753 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02