“PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PT. PELAYARAN BAHARIMAS KALIMANTAN” (Studi Di Desa Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya)

MIA FEBRIANA NIM. E11111060

Abstract


Penelitian ini adalah di maksudkan untuk menggambarkan secara sistematis fenomena atau kenyataan sosial mengenai pentingnya pelaksanaan CSR baik manfaatnya bagi masyarakat maupun manfaat dan keuntungan sosial bagi perusahaan itu sendiri. dalam pelaksanaan penelitian penulis menggunakan metode deskriptif. lokasi penelitian ini adalah di Desa Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Hasil dari  penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan implementasi program tanggungjawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan yakni berupa pemasangan saluran pipa air PDAM, memberikan bantuan fasilitas pendidikan bagi anak-anak sekolah di sekitar perusahaan, memberikan santunan setiap tahun kepada para lansia, serta membangun atau merenovasi beberapa rumah untuk masyarakat setempat yang sudah tidak layak huni. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya pelaksanaan program CSR yang bersifat partisipasi pasif, partisipasi masyarakat dalam program tanggungjawab sosial perusahaan PT. Pelayaran Baharimas Kalimantan berdasarkan hasil penelitian termasuk dalam partisipasi pasif  yakni partisipasi yang tidak menuntut respon partisipan untuk terlibat banyak pengimplementasian program CSR yang telah dilakukan oleh perusahaan berbentuk tidak sustainable atau hanya charity/sumbangan yang pada prakteknya adalah berupa barang serta uang.

 

Kata-kata Kunci : Partisipasi, Pemberdayaan Masyarakat, Corporate Social Responsibility (CSR)


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1004 times
PDF - 611 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02